• semua artikel dalam situs ini boleh dicopy dan disebarluaskan tanpa perlu minta izin kepada saya, saya juga cuma ngopi dari situs-situs lain ============================================== pacaran adalah haram, zina haram, seks bebas haram, minuman keras haram ========================================== jika ada tulisan dalam blog ini yang bertentangan dgn ajaran islam maka haram dipraktekkan.
  • www.hatibening,com

  • Arsip artikel 083821513356

  • kategori artikel 083821513356

  • Halaman/pages facebook islami yang sangat menarik dan bermanfaat untuk anda add/like:

  • www.kajian.net

    Surah Al-Baqarah ayat 216: Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.
  • ““Islam mulai muncul dalam keadaan asing dan akan kembali asing sebagaimana awal munculnya maka beruntunglah orang-orang asing itu”(HR. MUSLIM)”

    ““Islam mulai muncul dalam keadaan asing dan akan kembali asing sebagaimana awal munculnya maka beruntunglah orang-orang asing itu”(HR. MUSLIM)” ================
  • JAUHILAH MUSIK DAN NYANYIAN KARENA BANYAK ULAMA YANG MENGHARAMKANNYA

    ==================================================== ‘Amr bin Syarahil Asy-Sya’bi rahimahullahu berkata: “Sesungguhnya nyanyian itu menimbulkan kemunafikan dalam hati, seperti air yang menumbuhkan tanaman. Dan sesungguhnya berdzikir menumbuhkan iman seperti air yang menumbuhkan tanaman.” (Diriwayatkan Ibnu Nashr dalam Ta’zhim Qadr Ash- Shalah, 2/636. Dihasankan oleh Al-Albani dalam At-Tahrim, hal. 148) ----------------------------------------------------------------------------- Ibnu Abdil Barr rahimahullahu berkata: “Termasuk hasil usaha yang disepakati keharamannya adalah riba, upah para pelacur, sogokan (suap), mengambil upah atas meratapi (mayit), nyanyian, perdukunan, mengaku mengetahui perkara gaib dan berita langit, hasil seruling dan segala permainan batil.” (Al-Kafi hal. 191) ---------------------------------------------------------------------- Ath-Thabari rahimahullahu berkata: “Telah sepakat para ulama di berbagai negeri tentang dibenci dan terlarangnya nyanyian.” (Tafsir Al-Qurthubi, 14/56) ------------------------------------------------------------------- Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullahu berkata: “Mazhab empat imam menyatakan bahwa alat-alat musik semuanya haram.” Lalu beliau menyebutkan hadits riwayat Al-Bukhari rahimahullahu . (Majmu’ Fatawa, 11/576) --------------------------------------------------------------- ----------------------------------------------------
  • inilah Dakwah Kami:

    ------------------------------------------------------------------ Kembali kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan Pemahaman Rosululloh serta Salafush Ash-Shalih ------------------------------------------------------------------ Tashfiyah, yakni memurnikan ajaran Islam dari segala Noda Syirik, Bid’ah, Khurafat, serta gerakan-gerakan dan pemikiran-pemikiran yang merusak ajaran Islam. ------------------------------------------------------------------ Tarbiyah, yakni Pendidikan bagi kaum Muslimin berdasarkan ajaran Islam yang murni. ------------------------------------------------------------------ Menghidupkan pola pikir membiasakan kebenaran, bukan membenarkan kebiasaan (tradisi). ------------------------------------------------------------------ Mengajak kaum Muslimin untuk hidup Islami, sesuai dengan Manhaj Ahlul Sunnah Wal Jama’ah. ------------------------------------------------------------------ -------------
  • Motto kami

    ------------------------------------------------------ --------------------------------------------------------------- Hidupkan Sunnah Nabi serta para Salafush Ash-Shalih, --------------------------------------------------------------- Hindari Fanatisme Golongan & Partai. --------------------------------------------------------------- Wujudkan Persatuan Umat Islam --------------------------------------------------------------- Serta Jauhilah 3 T Yakni: Taklid, Ta’ashub (Fanatisme Golongan/Partai), serta Taffaruq (Memecah belah Umat). --------------------------------------------------------------- sms/call:081511542355 ------------------------------------------------------
  • ittiba’ di atas manhaj salaf dan menyelisihi selainnya

    ------------------------------------------------------------------------------------------------------------ “Ketahuilah, sesungguhnya orang-orang sebelum kamu dari ahlul Kitab telah berpecah belah menjadi tujuh puluh dua golongan. Dan sesungguhnya agama ini (Islam) akan berpecah belah menjadi tujuh puluh tiga golongan, tujuh puluh dua golongan tempatnya di dalam Neraka dan satu golongan di dalam Surga, yaitu al-Jama’ah.” [HR. Abu Dawud (no. 4597), Ahmad (IV/102), al-Hakim (I/128), ad-Darimy (II/241)] ------------------------------------------------------------------------------------------------------------ “Barangsiapa di antara kalian ingin meneladani, hendaklah meneladani para Shahabat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Karena sesungguhnya mereka adalah ummat yang paling baik hatinya, paling dalam ilmunya, paling sedikit bebannya, dan paling lurus petunjuknya, serta paling baik keadaannya. Suatu kaum yang Allah telah memilih mereka untuk menemani Nabi-Nya, untuk menegakkan agama-Nya, maka kenalilah keutamaan mereka serta ikutilah atsar-atsarnya, karena mereka berada di jalan yang lurus.” [Dikeluarkan oleh Ibnu Abdil Baar dalam kitabnya Jami’ Bayanil Ilmi wa Fadhlih II/947 no. 1810, tahqiq Abul Asybal Samir az-Zuhairy] ------------------------------------------------------------------------------------------------------------ Imam al-Auza’i rahimahullah (wafat th. 157 H) mengatakan: "Bersabarlah dirimu di atas Sunnah, tetaplah tegak sebagaimana para Shahabat tegak di atasnya. Katakanlah sebagaimana yang mereka katakan, tahanlah dirimu dari apa-apa yang mereka menahan diri darinya. Dan ikutilah jalan Salafush Shalih, karena akan mencukupi kamu apa saja yang mencukupi mereka.” [Syarh Ushul I’tiqaad Ahlis Sunnah wal Jama’ah 1/174 no. 315] ------------------------------------------------------------------------------------------------------------ Beliau rahimahullah juga berkata: “Hendaklah kamu berpegang kepada atsar Salafush Shalih meskipun orang-orang menolaknya dan jauhkanlah diri kamu dari pendapat orang meskipun ia hiasi pendapatnya dengan perkataannya yang indah.” [Imam al-Aajury dalam as-Syari’ah I/445 no. 127, di-shahih-kan oleh al-Albany dalam Mukhtashar al-‘Uluw lil Imam adz-Dzahaby hal. 138, Siyar A’laam an-Nubalaa’ VII/120] ------------------------------------------------------------------------------------------------------------ Imam Ahmad rahimahullah (wafat th. 241 H) berkata: “Prinsip Ahlus Sunnah adalah berpegang dengan apa yang dilaksanakan oleh para Shahabat ridhwanullahi ‘alaihim ajma’in dan mengikuti jejak mereka, meninggalkan bid’ah dan setiap bid’ah adalah sesat.” [Syarah Ushul I’tiqaad Ahlis Sunnah wal Jama’ah oleh al-Laalikaa-iy I/175-185 no. 317] ----------------------------------------------------------------------------------
  • PEMERINTAH INDONESIA WAJIB BERHUKUM DENGAN HUKUM ISLAM

    PEMERINTAH INDONESIA WAJIB BERHUKUM DENGAN HUKUM ISLAM ------------------------------------------------------------------------------------------------------------ “(Hak untuk) menetapkan hukum itu (hanyalah) hak Allah.” (QS. Al An’aam [6]: 57) ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- Apakah hukum Jahiliyah yang mereka kehendaki? dan (hukum) siapakah yang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi orang-orang yang yakin ? (QS Almaidah: 50) ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- Sesungguhnya Allah menetapkan hukum-hukum menurut yang dikehendaki-Nya. (QS Al Maidah:1) ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang zalim. (QS Al Maidah:45) ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- Barangsiapa yang melanggar hukum-hukum Allah mereka itulah orang-orang yang zalim (QS Albaqarah:229) ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- “Maka demi Rabb-mu, mereka (pada hakekatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu (Muhammad) hakim (pemutus) terhadap perkara yang mereka perselisihkan.” (QS. An Nisa [4]: 65) ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
  • ILMU IKHLAS

    ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- Ar-Rabi` bin Khaitsam berkata: Seluruh perbuatan yang tidak diniatkan mencari ridha Allah, maka perbuatan itu akan rusak! ======================================================================= Abu Sulaiman Ad-darani berkata: Beruntunglah bagi orang yang mengayunkan kaki selangkah, dia tidak mengharapkan kecuali mengharap ridha Allah! ======================================================================== ““Islam mulai muncul dalam keadaan asing dan akan kembali asing sebagaimana awal munculnya maka beruntunglah orang-orang asing itu”(HR. MUSLIM)” ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- -------------------------------------------------------------------
  • PESAN DARI UMAT ISLAM YANG DITINDAS MUSUH

    ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- “wahai saudaraku seIslam di Indonesia..disini kami ditembaki peluru, rumah kami diledakkan, ayahku sengaja ditembak dikepalanya, adikku diperkosa oleh tentara kafir laknatullah itu.., apakah kamu disana sedang bersenang senang ? aku tunggu jawabanmu” ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
  • KETAHUILAH BAHWA HANYA UMAT ISLAM YANG BISA MASUK SURGA

    wahai umat manusia, islam-lah agar kalian selamat !! ( Wahai Allah, sungguh telah kusampaikan, maka saksikanlah..) ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- "Barangsiapa mencari agama selain dari agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia diakhirat termasuk orang-orang yang rugi.." (QS Ali Imraan : 85) ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- IKUTILAH JALAN KEBENARAN ITU JANGAN HIRAUKAN WALAUPUN SEDIKIT ORANG MENGIKUTINYA!JAUHKANLAH DIRIMU DARI JALAN JALAN KESESATAN DAN JANGANLAH TERPESONA DENGAN BANYAKNYA ORANG ORANG YANG MENEMPUH JALAN KEBINASAAN! ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- Sunnah itu bagaikan bahtera nabi nuh.Barangsiapa mengendarainya niscaya dia selamat dan barangsiapa terlambat dari bahtera tersebut maka dia akan tenggelam…… ------------------------------------------------------ KUMPULAN CERITA CINTA , PUISI CINTA , SMS CINTA , KATA CINTA , CURHAT CINTA
  • BERIKANLAH SEDEKAH KEPADA FAKIR MISKIN, PENGEMIS, JANDA, BINATANG, DAN ANAK-ANAK TERLANTAR

    BERIKANLAH SEDEKAH KEPADA FAKIR MISKIN, PENGEMIS, JANDA, BINATANG, DAN ANAK-ANAK TERLANTAR ------------------------------------------------------------------------------------------------------------ ------------------------------------------------------------------------------------------------------------ Orang yang mengusahakan bantuan (pertolongan) bagi janda dan orang miskin ibarat berjihad di jalan Allah dan ibarat orang shalat malam (HR. Bukhari) ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- Barangsiapa ingin doanya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya hendaklah dia mengatasi (menyelesaikan) kesulitan orang lain. (HR. Ahmad) ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersodaqoh dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana. (HR. Ath-Thabrani) ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sodaqoh. (HR. Al-Baihaqi) ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- Tiap-tiap amalan makruf (kebajikan) adalah sodaqoh. Sesungguhnya di antara amalan makruf ialah berjumpa kawan dengan wajah ceria (senyum) dan mengurangi isi embermu untuk diisikan ke mangkuk kawanmu. (HR. Ahmad) -------------------------------------------------------
  • ruang konsul dokter

  • Blog Stats 083821513356

    • 10,268,995 hits

kumpulan cerita agama kristen katolik – kisah hidup agama kristen katolik – biografi agama kristen katolik – cerita-cerita hari agama kristen katolik – kisah-kisah sejarah agama kristen katolik – dongeng-dongeng agama kristen katolik

kumpulan cerita agama kristen katolik – kisah hidup agama kristen katolik – biografi agama kristen katolik – cerita-cerita hari agama kristen katolik – kisah-kisah sejarah agama kristen katolik – dongeng-dongeng agama kristen katolik
===================================================================

Siapa Sebenarnya Juruselamat Dunia?
oleh Yohannes Baptista Sariyanto Siswosoebroto

KRISTENISASI

Arti Kristenisasi

1. Yang dinamakan kristenisasi  ialah  mengkristenkan  orang
atau membuat seseorang memeluk agama Kristen. Arti kata-kata
itu  menurut  istilah  ialah:  mengkristenkan  orang  secara
besar-besaran  dengan  segala  daya  upaya yang mungkin agar
supaya adat  dan  pergaulan  dalam  masyarakat  mencerminkan
ajaran  agama  Kristen.  Masyarakat yang demikian akan lebih
melancarkan  tersiar   luasnya   agama   Kristen.   Akhirnya
kehidupan  rohani dan sosial penduduk diatur dan berpusat ke
gereja.

2. Kristenisasi tidak hanya dilancarkan terhadap orang-orang
yang  belum  memeluk  agama  atau  mereka yang memeluk agama
animisme saja, tetapi juga  ditujukan  terhadap  orang  yang
telah  memeluk agama Islam. Pengkristenan dipercayai sebagai
satu tugas suci yang dalam keadaan bagaimanapun tidak  boleh
ditinggalkan.  Mengkristenkan orang dianggap sebagai membawa
kembali anak-anak domba yang tersesat, dibawa kembali kepada
induknya.  Manusia-manusia  sebagai  anak  domba akan dibawa
kepada kerajaan Allah.

3. Kristenisasi adalah usaha internasional,  artinya  mereka
bermaksud  menyebarkan agama Kristen ke seluruh dunia. Dapat
diakui bahwa ini adalah mutlak hak asasi mereka, sebagaimana
orang  Muslimin-pun  mempunyai  tugas  menyiarkan  Islam  ke
seluruh  dunia.  Namun  demikian  memang   perlu   sama-sama
disadari   perlunya   suatu   garis  pengamanan  yang  dapat
menghindarkan  terjadinya   pergesekan   dan   perselisihan,
sehingga  masing-masing  pemeluk agama tertentu tidak merasa
cemas untuk dipaksa atau dibujuk atau  diusahakan  pindahnya
kepada  agama  lain.  Garis  ini  harus  jelas  dan  ditaati
terutama oleh para pemeluk agama yang  telah  disahkan  oleh
Negara  Republik  Indonesia seperti misalnya agama Islam dan
Kristen (Masehi).

4. Pada  tanggal  30  Nopember  1967  Pemerintah  mengadakan
Musyawarah   Antar   Agama   bertempat   di   gedung   Dewan
Pertimbangan Agung Jakarta, dengan maksud antara lain  untuk
membina   saling  pengertian  dan  saling  toleransi  antara
pemeluk-pemeluk  agama  terutama  Islam  dan  Masehi.  Dalam
sambutan  tertulis  Jenderal Suharto pada waktu itu, Pejabat
Presiden Republik Indonesia, menyatakan keprihatinannya atas
kenyataan   bahwa  penyiaran  agama  masih  dilakukan  orang
terhadap mereka yang telah memeluk agama  tertentu.  Dijiwai
oleh  sambutan  Pejabat  Presiden  itu maka pihak umat Islam
mengusulkan rumusan persetujuan, yaitu:  rakyat  yang  telah
beragama  jangan  dijadikan  sasaran  penyebaran agama lain.
Pihak Masehi menolak  keras  usul  itu.  Maka  dicoba  untuk
mengadakan   pertukaran  pikiran  dan  pendekatan-pendekatan
namun   sia-sia,   yang   mengakibatkan   musyawarah    yang
berlangsung  hampir  24  jam  itu tidak menghasilkan sesuatu
yang kongkrit.

5. Kristenisasi dalam  pengertian  politik  ialah:  berusaha
untuk lahirnya undang-undang ataupun peraturan atau tindakan
dan sikap penguasa, yang  memberi  kesempatan  lebih  banyak
lagi bagi tersiarnya agama itu atau menguntungkan bagi agama
itu. Apabila penyebaran dalam masyarakat telah berhasil  dan
dalam  bidang  politik  berhasil pula, maka terbukalah jalan
yang   selebar-lebarnya   untuk    menjadikan    keseluruhan
masyarakat  bernapaskan  Kristen, sehingga diharapkan dengan
cepat umat Kristen akan menjadi mayoritas, seperti umpamanya
kejadian  di  Pilipina,  yang  sekarang ini ternyata menjadi
basis perluasan ke seluruh Asia Tenggara.

6. Usaha Kristenisasi  itu  dilakukan  dengan  segala  daya,
beaya  peralatan  yang  lengkap,  rencana yang masak, tehnik
yang tinggi, kemauan dan kesungguhan yang mantap  dan  kuat,
keyakinan  yang  mendalam  serta  melalui  segala  jalan dan
saluran yang meresap  dalam  hampir  semua  aspek  kehidupan
manusia:  sosial,  budaya,  ekonomi, pendidikan, politik dan
segala macam hiburan.

===================================================================
kumpulan cerita agama kristen katolik – kisah hidup agama kristen katolik – biografi agama kristen katolik – cerita-cerita hari agama kristen katolik – kisah-kisah sejarah agama kristen katolik – dongeng-dongeng agama kristen katolik
===================================================================

Sejarah Kristenisasi oleh Agama Protestan

1. Zending Protestan pertama kali datang ke  Indonesia  pada
tahun  1831  dengan  dua  orang  pendeta  bernama Riedel dan
Schwarz ke Minahasa. Pada tahun 1850 mereka  membuka  sebuah
Kweekschool  (sekolah  pendidikan  guru) di Tomohon dan pada
tahun 1868 dibuka pula Sekolah Guru Injil (Hulpzendelingen).
Kristenisasi  di  Minahasa  itu  ditangani dan dibeayai oleh
Nederlandse Zendelinggenootschap yang didirikan di Rotterdam
tahun  1787.  Pada  tahun  1882  di  Minahasa juga didirikan
asrama dan sekolah  khusus  bagi  anak-anak  pegawai  negeri
serta orang-orang terkemuka. Semua sekolah tersebut mendapat
subsidi dari Pemerintah Hindia Belanda.  Tahun  1888  mereka
mendirikan  percetakan  untuk  mencetak buku-buku, selebaran
dan sebuah surat kabar yang bernama, “Cahaya Siang.”

2. Di kepulauan Sangihe dan  Talaud  bangsa  Portugis  telah
lebih   dahulu   menyiarkan  agama  Kristen.  Pekerjaan  ini
kemudian diambil alih dan diteruskan oleh bangsa Belanda  di
Ambon  dan  Maluku  dipelopori antara lain oleh: J. Kam pada
pertengahan  abad  ke  19  juga.  Dia  adalah  utusan   dari
Nederlandse  Zendinggenootschap  tersebut.  Kemudian  mereka
luaskan sampai ke pulau Buru. Adapun daerah Sulawesi  Tengah
dan  Tenggara  kristenisasi  dilakukan oleh Bala Keselamatan
atau  Leger  des  Heils,  sedang  Gereformeerde  Zendingbond
mengirimkan  pendeta  Van  Den Loodrecht ke Luwuk pada tahun
1913. Di  Bolaang  Mongondow  pengkristenan  dilakukan  oleh
Nederlandse Zendinggenootsehap. Pada tahun 1904 seorang raja
meminta kepada Zending itu untuk  mendirikan  sebuah  H.l.S.
disana.  Sekolah ini terlaksana pada tahun 1913. Perkumpulan
De Nederlandse Zendingvereniging yang semula diberikan tugas
mengkristenkan  Jawa  Barat, pada tahun 1915 juga beroperasi
di Sulawesi Tenggara.

3. Kristenisasi di Jawa Timur dipelopori oleh seorang tukang
jam bangsa Belanda di Surabaya yang bernama Emde dan seorang
tuan tanah bernama C.  Coolen  kira-kira  pada  tahun  1840.
Empat  tahun  kemudian  pengikut  mereka  berhasil membentuk
sebuah desa Keristen di Mojowarno di mana dewasa ini berdiri
sebuah  rumah sakit Kristen yang amat besar dan modern. Pada
tahun 1848 seorang zendeling lagi yaitu E.J. Jellesma datang
ke  Surabaya  lalu ke Mojowarno. Dengan dibantu oleh seorang
guru Injil Paulus  Tosari  didirikannya  sebuah  Kweekschool
yang  kemudian terpaksa ditutup pada tahun 1858. Tetapi pada
tahun 1500 dapat dibuka kembali. Murid-murid  dari  pengikut
C.  Coolen  menyebarluaskan  agama  Kristen  ini  sampai  ke
Pasuruan dan Kediri.  Kemudian  berdatangan  para  zendeling
dari   negeri   Belanda   untuk   menyebarkan   agamanya  di
tengah-tengah umat  Islam.  Mereka  mendirikan  rumah  sakit
rumah  sakit  di  banyak tempat di samping rumah sakit besar
Mojowarno.

4. Di Jepara tinggal seorang  bernama  Tunggul  Wulung  yang
terkenal  dengan  julukan Kiyahi Berahim. Dia adalah seorang
petapa yang mengaku telah mendapat  wahyu  dari  Allah  lalu
masuk    Kristen.   Tetapi   kemudian   dia   campur-adukkan
kepercayaan Kristen dengan Islam dan animisme, akhirnya  dia
tidak  diakui  lagi  oleh  gereja.  Ada  pula seorang santri
bernama Sadrah, yang berhasil ditarik memeluk agama  Kristen
oleh  seorang zendeling yang bernama Hoezoo. Sadrah kemudian
mengembara hampir ke seluruh tanah Jawa dan  banyak  bertemu
serta berwawancara dengan penyebar agama Kristen lainnya. Di
Jakarta,  dahulu  Batavia,  dia  bertemu  dengan  MR.   F.L.
Anthing,  bekas  pejabat  tinggi  kehakiman di Semarang yang
telah pindah ke Jakarta, Dia ini sangat besar jasanya  dalam
pernyebaran  Kristen.  Tahun 1867 Sadrah dibaptiskan dan dua
tahun kemudian dia dipindahkan ke Purworejo untuk menyiarkan
Kristen  bekerja  sama  dengan  nyonya  Philips.  Tahun 1870
pindah ke desa  Karangjasa  dekat  Bagelen  dan  terus  giat
menyebarkan  agamanya  dan  memimpin kaum Kristen Jawa. Dari
sana Kristenisasi diperluas oleh Dewan Gereja (Gereformeerde
Kerken)  ke  Banyumas dan Kedu lalu meluas ke Yogyakarta dan
Surakarta.

5. Adapun di  Sumatera  pekerjaan  zending  dapat  dikatakan
dimulai  pada  tahun  1890 di dacrah Sumatera Pasisir Timur.
Pada tahun 1894 mereka sampai ke  utara  Danau  Toba  daerah
Batak  Karo.  Pada  tahun  1915 mereka dirikan rumahsakit di
bawah pimpinan seorang Zuster  bangsa  Belanda.  Pulau  Nias
dimasuki   pada   tahun   1866   oleh  para  zendeling  dari
perkumpulan Rheinische Missionsgeselschaft,  yaitu  gabungan
zending  yang berdiri pada tahun 1823 dan berpusat di Barmen
wilayah Dusseldorf, Jerman. Mereka juga melebarkan sayap  ke
Pulau  Mentawai  dan Enggano. Rheinische Missionsgeselschafe
ini juga beroperasi di pulau Kalimantan sebelah Selatan  dan
Timur  untuk  mengkristenkan  suku  Dayak.  Pada  tahun l904
kelihatan kemajuannya di Kuala Kurom dan Kahayan Hulu,  lalu
meluas dengan pesat.

Demikianlah  ringkasan  sejarah  kristenisasi yang dilakukan
oleh agama Protestan di tanah air kita.

===================================================================
kumpulan cerita agama kristen katolik – kisah hidup agama kristen katolik – biografi agama kristen katolik – cerita-cerita hari agama kristen katolik – kisah-kisah sejarah agama kristen katolik – dongeng-dongeng agama kristen katolik
===================================================================

Sejarah Kristenisasi oleh agama Katolik

1. Pada tahun 1902  di  Batavia  (Jakarta)  mulai  didirikan
Apostolisch  Vicariaan  Van  Batavia.  Tetapi  agama Katolik
telah masuk ke Indonesia jauh sebelum itu. Pada abad  ke  16
agama  ini  telah memasuki kepulauan Maluku, Ambon, Ternate,
Solor dan Nusa Tenggara. Penyebarannya  mula-mula  dilakukan
oleh  bangsa  Portugis  yang  menguasai  kepulauan itu. Pada
tahun 1546  seorang  Apostel  (muballigh)  dari  India  juga
datang  ke  sana,  bernama Fransiscus Xaverius. Dia berhasil
menarik simpati pemerintah Portugis dan penduduk asli. Tahun
1605  pulau Ambon dapat ditaklukkan. Pada waktu itu di Ambon
telah ada 4 buah gereja dan sekitar  16.000  orang  beragama
Katolik.

2.  Agama  Katolik  memasuki  Sulawesi dari Makasar, dan itu
semua dilakukan oleh pengikut  madzhab  Dominicus  Orde  (H.
Dominicus  hidup  tahun  1170  -  1221) dan pengikut madzhab
Yesuiten Orde. Madzhab Yesuit  ini  pada  mulanya  didirikan
oleh  seorang bangsawan Spanyol bernama Ignatius Loyola yang
lahir tahun 1491.

Dia adalah penganut aliran mistik dalam agama Katolik. Dalam
peperangan    melawan    Perancis   mendapat   cedera   yang
mengakibatkan kelumpuhan seumur hidup.  Mistiknya  bertambah
menebal  dan  mendapat  banyak  pengikut.  Pada  tahun  1529
dibentuknya di  Paris  suatu  jama’ah  yang  dibai’at  untuk
mengabdi  kepada  Paus  dan  menyebarluaskan  agama Katolik,
Tahun 1539 semua anggota jama’ah dilantik menjadi pastor dan
tahun  1560  Paus  Paulus III meresmikan jama’ah ini sebagai
Jamaah  Yesus  atau  the  Society  of  Yesus.  Jamaah  terus
berkembang maju dan bersama Orde Yesuit.

3.  Gerakan  agama  Protestan  yang  sangat  memusuhi Gereja
Katolik berhasil menghancurkan kedudukan Missie  Katolik  di
India  sejak  abad  ke  17.  Tetapi  revolusi Perancis telah
menyebabkan terjadinya pergolakan politik di negeri  Belanda
yang  mengakibatkan  hancurnya  pusat  Zending Protestan dan
bangkitnya kembali  Missie  Katolik,  serta  menjadi  sangat
kuat.  Setelah  jazirah  Malaka dikuasai oleh bangsa Belanda
dan kekuasaan mereka di  Indonesia  bertambah  mantap,  maka
secara   bertahap   penyebaran  agama  Katolik  di  Sulawesi
diambil-alih oleh bangsa Belanda,  yaitu  pada  tahun  1807.
Tujuh  tahun  kemudian yaitu tahun 1904 Pusat Missie Katolik
di negeri Belanda mengirimkan 2 orang utusannya  ke  Jakarta
yaitu  Jacob  Nellisen dan Lambert Prinsen. Kedudukan Missie
dipusatkan di Jakarta, Semarang  dan  Surabaya.  Pada  tahun
1834  di Padang ditempatkan seorang pastor. Sejak tahun 1808
hingga 1845 mereka hanya mampu menempatkan 16  orang  pastor
itupun akhirnya hanya tinggal 4 orang.

4.   Dalam  Perang  Diponegoro  (1825-1830)  ditengah-tengah
tentara Belanda ditempatkan seorang Pastor bernama Scholtes.
Dia  mengadakan  perjalanan  inspeksi sampai ke Sulawesi dan
Maluku  kemudian  melaporkan  hasil  penyelidikannya  kepada
Paus.  Berdasarkan  laporan  itu  Paus menganggap sudah tiba
waktunya untuk membantu dan meningkatkan Missie  Katolik  di
Indonesia  menjadi  Vicariat  (perwakilan), lalu mengirimkan
Mgr. Jacob Croaff selaku pemimpinnya. Pada  tahun  1848  dia
digantikan  oleh  Mgr. Peterus Maria Francken dengan dibantu
oleh 5  orang  pastor.  Di  bawah  pimpinannya,  missie  ini
mendapat  kemajuan.  Dari  pulau  pulau  yang  jauh letaknya
berdatangan  permintaan  dari  umat  Katolik  yang  hidupnya
terpencil.  Akhirnya  pada tahun 1859 kaum Yesuiten membantu
dengan  mengirimkan   missionaris   ke   pulau   Jawa   lalu
menempatkan mereka di Flores dan kepulauan lainnya.

5.  Kemajuan  Missie  Katolik  bertambah  pesat setelah pada
tahun 1874 Mgr. Francken digantikan oleh Mgr. Claessen  yang
sejak  tahun 1848 bertugas di India. Didirikannya pos-pos di
Cirebon, Magelang, Bogor, Malang dan Madiun.  Untuk  Sumatra
di Medan  dan  Tanjung  Sakti.    Di  Kalimantan dibangunnya
pangkalan  untuk  kristenisasi  suku  Dayak.  Demikian  juga
Makassar,  Menado,  Tomohon,  Seram, Flores, Irian, Kendari,
Sumbawa  dan  Timor.  Claessen  digantikan   oleh   Vicarius
Apostoles  M.J.  Staal,  kemudian  pada tahun 1898 oleh Mgr.
E.S. Luypen S.J.  Sejak  masa  itulah  agama  Katolik  mulai
berkembang  di  pulau  Jawa  orang  Jawa sukar untuk dirubah
agamanya. Mereka beragama  Islam  dan  tidak  mau  dikatakan
tidak  Islam,  walaupun mereka tidak atau kurang menjalankan
syari’ahnya.  Missie  mengambil  jalan  lain  yaitu   dengan
mendekati   anak-anak   mereka   yang   pada  umumnya  hidup
kekurangan. Untuk  mereka  didirikan  sekolah-sekolah  dasar
dengan  percuma,  bahkan  dengan  diberinya  alat-alat serta
pakaian yang diperlukan. Kanak-kanak itulah  yang  berangsur
di-Katolik-kan, dan itu terjadi sejak akhir abad ke 19. Maka
dapatlah dikirakan bahwa banyaknya jumlah  orang  Jawa  yang
beragama   Katolik   adalah   akibat  karena  mereka  dahulu
bersekolah di sekolah-sekolah Katolik.

6. Pangkalan Missie untuk Jawa  Tengah  yang  pertama  ialah
Muntilan  dan  Mendut  di  mana  sejak  dahulu telah berdiri
sekolah Katolik. Sekarang  Mundlan  menjadi  pusatnya  agama
Katolik,  kemudian  Yogyakarta  pun  dipenuhi  oleh  sekolah
mereka. Guru-guru tamatan Muntilan dikirim  ke  luar  daerah
dan   banyak   pula  yang  berdinas  di  sekolah  Pemerintah
(Gubernemen). Dari tahun  ke  tahun  mereka  terus  mendapat
kemajuan.   Sekolah   bertambah   banyak   terutama  sekolah
Pendidikan Guru. Rumah Sakit dan Rumah Yatim juga  dibangun,
sehingga  kelihatannya memang benar-benar menguasai lapangan
sosial dan pendidikan. Pada akhir tahun 1923 sekolah  mereka
berjumlah  52 buah dengan 5.840 orang murid. Mereka memiliki
surat kabar seperti Mingguan Java  Post,  Sociaal  Leven  En
Streven,  Katholik  Schoolblad  Van  Nederlands Indie dan De
Indische Voorhoede.  Dalam  bahasa  Indonesia  yakni  Gereja
Katholik  serta dalam bahasa Jawa Swara Tama. Di samping itu
mereka dirikan sebuah percetakan di  Yogyakarta  pada  tahun
1922.

Untuk  keperluan  jalannya  Missie  Katolik  beserta  segala
usahanya,  mereka  menerima  bantuan  keuangan  dari  negeri
Belanda,  yang  diberikan  oleh  Dana  St.  Claverbond  yang
berdiri tahun 1889  dan  oleh  berbagai  perkumpulan  missie
antara  lain  De  Indische  Missie  Vereniging. Rupanya kaum
Katolik  tidak  hanya  berjuang   dalam   penyiaran   agama,
pendidikan,     pengajaran,     sosial    serta    pendirian
gereja-gereja, tetapi juga berjuang  dalam  bidang  politik.
Pada  tahun  1918  mereka  telah  mendirikan  sebuah  partai
politik dengan nama De Indische Katholieke Partij.

Sekianlah dengan sangat ringkas diuraikan  sejarah  masuknya
Missie Katolik dan pekerjaannya di tanah air kita.

===================================================================
kumpulan cerita agama kristen katolik – kisah hidup agama kristen katolik – biografi agama kristen katolik – cerita-cerita hari agama kristen katolik – kisah-kisah sejarah agama kristen katolik – dongeng-dongeng agama kristen katolik
===================================================================

Kristenisasi dan Politik

Sebagaimana   yang   telah   diterangkan   di  atas,  adalah
Kristenisasi  mempunyai  segi-segi  politis.  Demikian  pula
dalam   sejarah   perkembangannya  selalu  dipengaruhi  oleh
perubahan  situasi  politik,  terutama  di  Eropa,  di  mana
partai-partai  mereka  selalu aktif dalam sidang polltik. Di
negeri kitapun mereka demikian juga halnya seperti  ternyata
dalam berdirinya De Indische Katolieke Partij.

Pada  zaman  kemerdekaan dengan terbukanya kehidupan politik
di negeri kita mereka  tidak  ketinggalan  membentuk  partai
politik, di samping partai lain-lainnya.

1.  Partai  Kristen  Indonesia  atau  Parkindo  didirikan di
Jakarta pada tanggal 18  Nopember  1945  sebagai  penjelmaan
dari  Partai  Kristen  Nasional (PKN) vang dipimpin oleh Dr.
W.I. Yohannes. Di Sumatera didirikan  orang  Partai  Kristen
Indonesia  yang  disingkat  PARKI.  Pada  bulan  Maret  1947
pimpinan dari kedua  partai  itu  bertemu  di  Malang  dalam
kesempatan  sidang Komite Nasional Pusat mereka setuju untuk
bergabung. Maka  tanggal  19  April  1947  Parki  mengadakan
Kongres   di   Prapat  dan  memutuskan  melebur  diri  serta
bergabung pada Parkindo.

Dalam Anggaran Dasarnya  keputusan  Konggres  di  Sala  pada
tanggal 7-9 April 1950 dicantumkan antara lain:

a.  Partai  Kristen  Indonesia  (Parkindo)  berasaskan paham
Kekristenan.

b. Anggota Partai ialah warga negara Indonesia yang beragama
Kristen serta berusia sekurang-kurangnya 18 tahun.

Dalam  deklarasi  atau  Pernyataan  Dasar Pendirian Parkindo
terdapat uraian sebagai berikut:

Pasal 1

Partai   Kristen   Indonesia   (Parkindo)   berdasar    atas
kepercayaan bahwa:

a.  Segala sesuatu adalah berasal dari Tuhan, oleh Tuhan dan
untuk Tuhan.

b. Bagi tiap-tiap Makhluk  dan  tiap-tiap  lingkungan  hidup
demikian  pula  bagi  negara  dan  pemerntahan panggilan dan
hukum-hukum Tuhan sebagai ternyata dalam firman-Nya.

Pasal 2

Partai berpendirian bahwa negara  berwujud  karena  Kehendak
Tuhan  dengan  tujuan  mengatur hidup manusia di dunia, agar
dengan demikian warga negara dapat mempersiapkan diri  untuk
hidup yang kekal.

Pasal 3

Parkindo  adalah  Partai  Politik warganegara Indonesia yang
berhasrat memenuhi panggilan dan kewajibannya terhadah  nusa
dan  bangsa  dan bangsa-bangsa lainnya dengan jalan berusaha
di lapangan politik, ekonomi,  sosial  dan  kebudayaan  atas
dasar paham Kristen.

2.  Partai Katolik didirikan di Yogyakarta oleh Kongres Umat
Katolik seluruh Indonesia pada  tanggal  12  Desember  1949,
sebagai  penjelmaan  fusi  daripada  17  partai Katolik yang
telah ada sebelum itu yakni:

1.  Partai  Katolik  Republik  Indonesia   (P.K.R.I.)   yang
didirikan di Surakarta.

2. Partai Katolik Rakyat Indonesia (P.K.R.I.) yang didirikan
di Makassar.

3. Partai Katolik Rakyat Indonesia (P.K.R.I.) yang didirikan
di Flores.

4. Partai Katolik Indonesia Timus (Parkit) yang didirikan di
Timor.

5. Persatuan Politik Katolik Flores (Perkokaf) didirikan  di
Flores.

6.  Permusyawaratan  Majlis  Katolik (Permakat) didirikan di
Menado.

7.  Partai  Katolik  Indonesia  Kalimantan  (Parkika)   yang
didirikan di Kalimantan.

Melihat  banyaknya  partai-partai  itu  tahulah  kita betapa
besar hasrat mereka untuk  berpolitik  setelah  negara  kita
merdeka.   Anggaran  Dasar  Partai  Katolik sebagai gabungan
partai-partai  tersebut  di  atas,  telah   disahkan   dalam
Kongresnya  yang  pertama  di  Semarang  tanggal 12 Desember
l949, di mana asas dan tujuan berbunyi sebagai berikut:

1. Partai Katolik berdasarkan ke-Tuhanan Yang Maha Esa  pada
umumnya serta Pancasila pada khususnya dan bertindak menurut
asas-asas Katholik,

2. Tujuan Partai Katolik ialah bekeria sekuat-kuatnya  untuk
kemajuan Republik Indonesia dan kesejahteraan rakyatnya.

===================================================================
kumpulan cerita agama kristen katolik – kisah hidup agama kristen katolik – biografi agama kristen katolik – cerita-cerita hari agama kristen katolik – kisah-kisah sejarah agama kristen katolik – dongeng-dongeng agama kristen katolik
===================================================================

Kekuatan dan Kelemahan

1.  Apa  yang  telah  diuraikan  di atas memberikan gambaran
kepada kita bagaimana ketekunan dan  keuletan  mereka  dalam
menyebarkan  agama  Kristen.  Bagaimena  kerapian organisasi
mereka  serta  lengkapnya  rencana  yang  mereka  buat;  dan
bagaimana  besarnya pembeayaan  yang sengaja disediakan. Apa
yang kita lihat dewasa ini adalah kemajuan kristenisasi yang
semakin  meningkat.  Berpuluh-puluh  rumah sakit yang mereka
dirikan, semuanya besar dan lengkap  dengan  peralatan  yang
modern.  Beratus-ratus  sekolah  dengan gedungnya yang indah
dan megah, dari Taman  Kanak-kanak  hingga  Universitas  dan
Perguruan  Tinggi,  yang  sebagian besar siswa dan mahasiswa
terdiri dari kalangan orang Islam. Kantor dan  gereja-gereja
merupakan   gedung-gedung  indah  menghiasi  kota,  terutama
Jakarta, dan kota-kota besar lainnya. Belum lagi  disebutkan
proyek-proyek dalam bermacam-macam bidang tersiar di seluruh
tanah  air.  Dalam  dunia  persuratkabaran  dan   penerbitan
buku-buku   serta  pendirian  percetakan-percetakan  modern,
mereka memegang peranan yang amat menentukan.

2. Namun segala  kebesaran  yang  mengagumkan  sebagai  yang
tersebut  di  atas  itu  tidak  berarti  bahwa  mereka tidak
mempunyai  kelemahan-kelemahan.  Mereka   banyak   mempunyai
kelemahan,  itu  sudah  tentu.  Kelemahan itu tidak terletak
pada  beaya,  mereka  berlebih  dan  melimpah-limpah   dalam
memiliki  pembeayaan.  Tidak terletak pada man-power, mereka
cukup dan mempunyai kemampuan untuk membayar siapa saja yang
bersedia bekerja bagi mereka. Tidak terletak pula pada ilmu,
mereka ahli dan  mampu  memperkerjakan  tenaga-tenaga  ahli.
Tidak  juga  pada  kekuasaan  dan  pengaruh  dalam bidangnya
masing-masing.

Tetapi kelemahan itu terletak pada  kelemahan  ajaran  agama
mereka  sendiri  dipandang  dari  segi  ratio,  justru dalam
hal-hal yang prinsipiil.  Yaitu  tentang  I’tikad  Trinitas,
Ke-Allahan   Yesus,   Dosa   Turunan,   Pertentangan  Antara
Ayat-ayat Dalam Kitab Suci Mereka, serta tentang  Pengertian
Wahyu  dan sebagainya. Mereka menyadari bahwa ajaran Kristen
sebagaimana tersebut di  atas  memang  sukar  diterima  oleh
akal. Hal-hal inilah yang telah menyebabkan kemunduran agama
Kristen di dunia barat di mana  orang-orang  tidak  bersedia
lagi menerima ajaran bahwa Yesus adalah Anak Allah dan Allah
Sendiri, seperti antara lain yang  pernah  dikemukakan  oleh
Dr.  B.J.  Boland ketika berkunjung ke kantor Pimpinan Pusat
Muhammadiyah beberapa waktu yang lalu.  Seperti  yang  telah
pernah ditulis oleh seorang pastor dalam salah satu majallah
bahwa jumlah pengunjung gereja  di  negeri  Belanda  semakin
menurun,   dan   seperti   yang   sering   diceritakan  oleh
orang-orang  yang  pernah  mengunjungi  Eropah  dan  Amerika
Serikat.   Padahal   di   sana   disediakan   kenangan  yang
melimpah-limpah  untuk   penyiaran   agama   Masehi   dengan
pendirian  gereja  serta  pergedungan lainnya. Di sana dapat
dikatakan uang itu tidak memperoleh sasaran yang semestinya,
dan perlu dialihkan ke bagian dunia yang lain, ke timur.

3.  Dengan  keadaan  demikian  maka  nampakya di dunia barat
terutama di Eropah sudak  tidak  dapat  diharap  lagi  untuk
menjadi  bumi  subur  bagi  agama Masehi, yang dewasa inipun
telah  menjadi  hanya  seperti  adat,   bukan   agama   yang
dimengerti  dan  disadari  secara  jelas.  Apalagi andaikata
(mudah-mudahan jangan) Perang Dunia III  sudah  sampai  pada
taraf  tidak terelakkan lagi, maka seperti yang telah pernah
diramalkan orang,  dalam  17  jam  pertama  dari  meletusnya
perang nuilir itu, seluruh Eropah Barat akan musnah demikian
juga mungkin seperempat dari bumi Amertka Serikat. Begitulah
agama  Masehi  akan  kehilangan  tempat berpijak serta basis
yang amat kuat dan kaya raya. Jadi apa yang harus  dilakukan
orang   dewasa   ini   ialah   sejauh   mungkin   berikhtiar
menghilangkan gejala yang mungkin dapat  menimbulkan  perang
itu,   dan  usaha  itu  sampai  sejauh  sekarang  ini  telah
berhasil. Apa yang terjadi hanyalah perang setempat  seperti
misalnya  Victnam,  Timur Tengah, dan kini di Afrika. Tetapi
apakah keadaan  ini  dapat  dipertahankan  untuk  selamanya?
Nampaknya  karena  itu mengapa agama Masehi memerlukan tanah
persemaian baru yang masih dapat bertahan lebih  lama  serta
jauh  dari  kancah  perang  nuklir  yang  akan  datang.  Dan
persemaian itu harus  sejak  sekarang  disiapkan  agar  jika
perang  pecah  (mudah-mudahan jangan) tempat yang baru sudah
siap  selesai  serta  telah  dapat  berjalan  seperti   yang
diharapkan. Tempat itu terletak di timur, dimana penduduknya
belum sekritis penduduk Eropah.

4. Indonesia akibat penjajahan Belanda selama tiga  setengah
abad,  penduduknya  kebanyakan  bodoh dan miskin. Maka usaha
kristenisasi telah dapat menutupi kelemahan-kelemanannya itu
dengan   membangun  usaha-usaha  pertolongan  kepada  rakyat
seperti mendirikan rumah pcmeliharaan orang miskin dan  anak
yatim piatu, membangun rumah sakit dan balai pengobatan, dan
sekolah-sekolah  yang  beraneka   macam   ragamnya.   Bangsa
Indonesia  yang  memeluk  agama  Kristen  pada umumnya bukan
hasil  daripada  pengertian  dan  kesadaran,  tetapi  karena
pendidikan  dimasa  kanak-kanak  dan karena merasa berhutang
budi atau jasa, sedang keyakinan dan pengertiannya  terhadah
agamanya  yang  lama  (Islam)  masih terlalu dangkal. Adapan
mereka yang cerdas dan pandai atau mendapat  gelar  keilmuan
yang  tinggi  telah  lebih  dahulu  hatinya  disegel  dengan
rumusan: imanadalah iman dan bukan  pengetahuan,  berimanlah
lebih  dahulu  barulah  berusaha untuk mengerti. Akan tetapi
sampai berapa lama  dan  sampai  berapa  berapa  generasikah
segel  ini  dapat  dipertahankan?  Manusia  di  barat  telah
menjadi bukti bahwa akal tidak  akan  sanggup  terlalu  lama
disegel.  Segel  itu  jebol  dan  akan  keluar mencari jalan
lepas.

===================================================================
kumpulan cerita agama kristen katolik – kisah hidup agama kristen katolik – biografi agama kristen katolik – cerita-cerita hari agama kristen katolik – kisah-kisah sejarah agama kristen katolik – dongeng-dongeng agama kristen katolik
===================================================================

About these ads

2 Responses

  1. ohh..baru tau aq ternyata kristen datang ke indonesia melalui para penjajah..kok mau ya kalian jdi pngikut penjajah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 51 other followers

%d bloggers like this: