• semua artikel dalam situs ini boleh dicopy dan disebarluaskan tanpa perlu minta izin kepada saya, saya juga cuma ngopi dari situs-situs lain ============================================== pacaran adalah haram, zina haram, seks bebas haram, minuman keras haram ========================================== jika ada tulisan dalam blog ini yang bertentangan dgn ajaran islam maka haram dipraktekkan.
  • www.hatibening,com

  • Arsip artikel 083821513356

  • kategori artikel 083821513356

  • Halaman/pages facebook islami yang sangat menarik dan bermanfaat untuk anda add/like:

  • www.kajian.net

    Surah Al-Baqarah ayat 216: Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.
  • ““Islam mulai muncul dalam keadaan asing dan akan kembali asing sebagaimana awal munculnya maka beruntunglah orang-orang asing itu”(HR. MUSLIM)”

    ““Islam mulai muncul dalam keadaan asing dan akan kembali asing sebagaimana awal munculnya maka beruntunglah orang-orang asing itu”(HR. MUSLIM)” ================
  • JAUHILAH MUSIK DAN NYANYIAN KARENA BANYAK ULAMA YANG MENGHARAMKANNYA

    ==================================================== ‘Amr bin Syarahil Asy-Sya’bi rahimahullahu berkata: “Sesungguhnya nyanyian itu menimbulkan kemunafikan dalam hati, seperti air yang menumbuhkan tanaman. Dan sesungguhnya berdzikir menumbuhkan iman seperti air yang menumbuhkan tanaman.” (Diriwayatkan Ibnu Nashr dalam Ta’zhim Qadr Ash- Shalah, 2/636. Dihasankan oleh Al-Albani dalam At-Tahrim, hal. 148) ----------------------------------------------------------------------------- Ibnu Abdil Barr rahimahullahu berkata: “Termasuk hasil usaha yang disepakati keharamannya adalah riba, upah para pelacur, sogokan (suap), mengambil upah atas meratapi (mayit), nyanyian, perdukunan, mengaku mengetahui perkara gaib dan berita langit, hasil seruling dan segala permainan batil.” (Al-Kafi hal. 191) ---------------------------------------------------------------------- Ath-Thabari rahimahullahu berkata: “Telah sepakat para ulama di berbagai negeri tentang dibenci dan terlarangnya nyanyian.” (Tafsir Al-Qurthubi, 14/56) ------------------------------------------------------------------- Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullahu berkata: “Mazhab empat imam menyatakan bahwa alat-alat musik semuanya haram.” Lalu beliau menyebutkan hadits riwayat Al-Bukhari rahimahullahu . (Majmu’ Fatawa, 11/576) --------------------------------------------------------------- ----------------------------------------------------
  • inilah Dakwah Kami:

    ------------------------------------------------------------------ Kembali kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan Pemahaman Rosululloh serta Salafush Ash-Shalih ------------------------------------------------------------------ Tashfiyah, yakni memurnikan ajaran Islam dari segala Noda Syirik, Bid’ah, Khurafat, serta gerakan-gerakan dan pemikiran-pemikiran yang merusak ajaran Islam. ------------------------------------------------------------------ Tarbiyah, yakni Pendidikan bagi kaum Muslimin berdasarkan ajaran Islam yang murni. ------------------------------------------------------------------ Menghidupkan pola pikir membiasakan kebenaran, bukan membenarkan kebiasaan (tradisi). ------------------------------------------------------------------ Mengajak kaum Muslimin untuk hidup Islami, sesuai dengan Manhaj Ahlul Sunnah Wal Jama’ah. ------------------------------------------------------------------ -------------
  • Motto kami

    ------------------------------------------------------ --------------------------------------------------------------- Hidupkan Sunnah Nabi serta para Salafush Ash-Shalih, --------------------------------------------------------------- Hindari Fanatisme Golongan & Partai. --------------------------------------------------------------- Wujudkan Persatuan Umat Islam --------------------------------------------------------------- Serta Jauhilah 3 T Yakni: Taklid, Ta’ashub (Fanatisme Golongan/Partai), serta Taffaruq (Memecah belah Umat). --------------------------------------------------------------- sms/call:081511542355 ------------------------------------------------------
  • ittiba’ di atas manhaj salaf dan menyelisihi selainnya

    ------------------------------------------------------------------------------------------------------------ “Ketahuilah, sesungguhnya orang-orang sebelum kamu dari ahlul Kitab telah berpecah belah menjadi tujuh puluh dua golongan. Dan sesungguhnya agama ini (Islam) akan berpecah belah menjadi tujuh puluh tiga golongan, tujuh puluh dua golongan tempatnya di dalam Neraka dan satu golongan di dalam Surga, yaitu al-Jama’ah.” [HR. Abu Dawud (no. 4597), Ahmad (IV/102), al-Hakim (I/128), ad-Darimy (II/241)] ------------------------------------------------------------------------------------------------------------ “Barangsiapa di antara kalian ingin meneladani, hendaklah meneladani para Shahabat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Karena sesungguhnya mereka adalah ummat yang paling baik hatinya, paling dalam ilmunya, paling sedikit bebannya, dan paling lurus petunjuknya, serta paling baik keadaannya. Suatu kaum yang Allah telah memilih mereka untuk menemani Nabi-Nya, untuk menegakkan agama-Nya, maka kenalilah keutamaan mereka serta ikutilah atsar-atsarnya, karena mereka berada di jalan yang lurus.” [Dikeluarkan oleh Ibnu Abdil Baar dalam kitabnya Jami’ Bayanil Ilmi wa Fadhlih II/947 no. 1810, tahqiq Abul Asybal Samir az-Zuhairy] ------------------------------------------------------------------------------------------------------------ Imam al-Auza’i rahimahullah (wafat th. 157 H) mengatakan: "Bersabarlah dirimu di atas Sunnah, tetaplah tegak sebagaimana para Shahabat tegak di atasnya. Katakanlah sebagaimana yang mereka katakan, tahanlah dirimu dari apa-apa yang mereka menahan diri darinya. Dan ikutilah jalan Salafush Shalih, karena akan mencukupi kamu apa saja yang mencukupi mereka.” [Syarh Ushul I’tiqaad Ahlis Sunnah wal Jama’ah 1/174 no. 315] ------------------------------------------------------------------------------------------------------------ Beliau rahimahullah juga berkata: “Hendaklah kamu berpegang kepada atsar Salafush Shalih meskipun orang-orang menolaknya dan jauhkanlah diri kamu dari pendapat orang meskipun ia hiasi pendapatnya dengan perkataannya yang indah.” [Imam al-Aajury dalam as-Syari’ah I/445 no. 127, di-shahih-kan oleh al-Albany dalam Mukhtashar al-‘Uluw lil Imam adz-Dzahaby hal. 138, Siyar A’laam an-Nubalaa’ VII/120] ------------------------------------------------------------------------------------------------------------ Imam Ahmad rahimahullah (wafat th. 241 H) berkata: “Prinsip Ahlus Sunnah adalah berpegang dengan apa yang dilaksanakan oleh para Shahabat ridhwanullahi ‘alaihim ajma’in dan mengikuti jejak mereka, meninggalkan bid’ah dan setiap bid’ah adalah sesat.” [Syarah Ushul I’tiqaad Ahlis Sunnah wal Jama’ah oleh al-Laalikaa-iy I/175-185 no. 317] ----------------------------------------------------------------------------------
  • PEMERINTAH INDONESIA WAJIB BERHUKUM DENGAN HUKUM ISLAM

    PEMERINTAH INDONESIA WAJIB BERHUKUM DENGAN HUKUM ISLAM ------------------------------------------------------------------------------------------------------------ “(Hak untuk) menetapkan hukum itu (hanyalah) hak Allah.” (QS. Al An’aam [6]: 57) ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- Apakah hukum Jahiliyah yang mereka kehendaki? dan (hukum) siapakah yang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi orang-orang yang yakin ? (QS Almaidah: 50) ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- Sesungguhnya Allah menetapkan hukum-hukum menurut yang dikehendaki-Nya. (QS Al Maidah:1) ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang zalim. (QS Al Maidah:45) ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- Barangsiapa yang melanggar hukum-hukum Allah mereka itulah orang-orang yang zalim (QS Albaqarah:229) ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- “Maka demi Rabb-mu, mereka (pada hakekatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu (Muhammad) hakim (pemutus) terhadap perkara yang mereka perselisihkan.” (QS. An Nisa [4]: 65) ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
  • ILMU IKHLAS

    ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- Ar-Rabi` bin Khaitsam berkata: Seluruh perbuatan yang tidak diniatkan mencari ridha Allah, maka perbuatan itu akan rusak! ======================================================================= Abu Sulaiman Ad-darani berkata: Beruntunglah bagi orang yang mengayunkan kaki selangkah, dia tidak mengharapkan kecuali mengharap ridha Allah! ======================================================================== ““Islam mulai muncul dalam keadaan asing dan akan kembali asing sebagaimana awal munculnya maka beruntunglah orang-orang asing itu”(HR. MUSLIM)” ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- -------------------------------------------------------------------
  • PESAN DARI UMAT ISLAM YANG DITINDAS MUSUH

    ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- “wahai saudaraku seIslam di Indonesia..disini kami ditembaki peluru, rumah kami diledakkan, ayahku sengaja ditembak dikepalanya, adikku diperkosa oleh tentara kafir laknatullah itu.., apakah kamu disana sedang bersenang senang ? aku tunggu jawabanmu” ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
  • KETAHUILAH BAHWA HANYA UMAT ISLAM YANG BISA MASUK SURGA

    wahai umat manusia, islam-lah agar kalian selamat !! ( Wahai Allah, sungguh telah kusampaikan, maka saksikanlah..) ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- "Barangsiapa mencari agama selain dari agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia diakhirat termasuk orang-orang yang rugi.." (QS Ali Imraan : 85) ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- IKUTILAH JALAN KEBENARAN ITU JANGAN HIRAUKAN WALAUPUN SEDIKIT ORANG MENGIKUTINYA!JAUHKANLAH DIRIMU DARI JALAN JALAN KESESATAN DAN JANGANLAH TERPESONA DENGAN BANYAKNYA ORANG ORANG YANG MENEMPUH JALAN KEBINASAAN! ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- Sunnah itu bagaikan bahtera nabi nuh.Barangsiapa mengendarainya niscaya dia selamat dan barangsiapa terlambat dari bahtera tersebut maka dia akan tenggelam…… ------------------------------------------------------ KUMPULAN CERITA CINTA , PUISI CINTA , SMS CINTA , KATA CINTA , CURHAT CINTA
  • BERIKANLAH SEDEKAH KEPADA FAKIR MISKIN, PENGEMIS, JANDA, BINATANG, DAN ANAK-ANAK TERLANTAR

    BERIKANLAH SEDEKAH KEPADA FAKIR MISKIN, PENGEMIS, JANDA, BINATANG, DAN ANAK-ANAK TERLANTAR ------------------------------------------------------------------------------------------------------------ ------------------------------------------------------------------------------------------------------------ Orang yang mengusahakan bantuan (pertolongan) bagi janda dan orang miskin ibarat berjihad di jalan Allah dan ibarat orang shalat malam (HR. Bukhari) ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- Barangsiapa ingin doanya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya hendaklah dia mengatasi (menyelesaikan) kesulitan orang lain. (HR. Ahmad) ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersodaqoh dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana. (HR. Ath-Thabrani) ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sodaqoh. (HR. Al-Baihaqi) ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- Tiap-tiap amalan makruf (kebajikan) adalah sodaqoh. Sesungguhnya di antara amalan makruf ialah berjumpa kawan dengan wajah ceria (senyum) dan mengurangi isi embermu untuk diisikan ke mangkuk kawanmu. (HR. Ahmad) -------------------------------------------------------
  • ruang konsul dokter

  • Blog Stats 083821513356

    • 10,307,788 hits

PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Mengenang 90 Tahun Prof. HM Rasjidi (2)

Senin, 26 Desember 2005
Prof.HM. Rasjidi pernah menyampaikan peringatan tentang studi Islam di IAIN. Menurutnya, ada hal-hal terselubung berbahaya yang bisa memudarkan keimanan. Baca CAP Adian Husaini ke  127

Oleh: Adian Husaini

Pada hari Kamis (22/12/2005), saya mendapat kesempatan menjadi pembicara dalam acara International Workshop for Islamic Higher Learning in Indonesia, di Universitas Islam Negeri Jakarta. Acara ini diselenggarakan oleh Pasca Sarjana UIN Jakarta, PPIM, dan Ditperta Depag. Pesertanya dosen-dosen IAIN/UIN/STAIN (selanjutnya disebut IAIN saja), dari berbagai propinsi di Indonesia. Saya hadir mewakili Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII), yang diminta memberikan masukan-masukan terhadap IAIN, sebagai pihak di luar IAIN.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Alhamdulillah, pada kesempatan itu, saya sempat mempresentasikan satu makalah dengan judul “Studi Islam di IAIN/UIN: Quo Vadis?” (Studi Islam di IAIN/UIN:Mau kemana?). Pada kesempatan inilah, saya sempat menyampaikan kembali peringatan dan kritik Prof. HM Rasjidi terhadap IAIN dan khususnya terhadap bahaya yang ditimbulkan dengan penggunaan buku Harun Nasution “Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya” sebagai buku rujukan dalam studi Islam di IAIN. Dalam suratnya kepada pejabat Depag, ketika itu, Rasjidi sampai menulis: “Uraian Dr. Harun Nasution yang terselubung uraian ilmiyah sesungguhnya mengandung bahaya bagi generasi muda Islam yang ingin dipudarkan keimanannya.”

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Jadi, Rasjidi, yang ketika itu juga merupakan seorang tokoh DDII,  sudah mengingatkan tentang bahaya pudarnya iman generasi muda Islam yang terpengaruh buku Harun Nasution. Tentu saja, masalah iman, bukanlah masalah yang kelihatan dan kasat mata. Bisa saja, seorang kelihatannya baik-baik saja, tapi cara berpikir dan aqidahnya rusak. Ibarat dokter ahli, Rasjidi memahami seluk-beluk cara-cara orientalis dalam memudarkan keimanan seorang Muslim. Ilmu seperti ini memang tidak banyak dimiliki sarjana Muslim, kecuali yang benar-benar menggeluti pemikiran orientalis dengan mendalam, seperti HM Rasjidi, Prof. Naquib al-Attas, dan sebagainya.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Pada kesempatan workshop itu, saya sempat memaparkan data-data kerusakan dan perusakan konsep-konsep dasar Islam dan keilmuan Islam (Ulumuddin), yang dilakukan oleh orang-orang dari lingkungan IAIN, baik dosen, mahasiswa, atau alumni. Tanpa segan-segan, saya paparkan data-data berupa tulisan-tulisan yang mengelirukan tentang Islam. Saya kritik pendapat sejumlah orang IAIN yang banyak menjadi rujukan di IAIN seperti Azyumardi Azra, Amin Abdullah, Nurcholish Madjid, dan lain-lain. Pada akhir sesi yang singkat tersebut, saya sempat mengimbau agar semua akademisi Muslim yang berada di lingkungan IAIN benar-benar menghidupkan tradisi ilmu yang berbasiskan kerangka piker Islam, dan tidak mudah menyerap konsep atau istilah-istilah asing yang tidak sesuai dengan konsep Islam. Salah satu yang saya kritik adalah istilah “islam inklusif”. Kekeliruan dalam menggunakan istilah dapat berakibat fatal dalam perumusan konsep-konsep keilmuan yang benar.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Menurut Term of Reference (TOR) yang disusun panitia, diantara latar belakang diselenggarakannya workshop ini adalah, bahwa “UIN, IAIN, STAIN have to be a center of learning that provides inclusive understanding of Islam, which are necessary for facing global situation.”  Dalam TOR tersebut tidak dijelaskan apa yang dimaksud dengan istilah “inclusive understanding of Islam” (pemahaman tentang Islam yang inklusif).

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Istilah ini jelas lahir dari latar belakang perubahan teologi dalam Kristen dari eksklusif menjadi inklusif. Istilah ini tidak dikenal dalam tradisi keilmuan Islam. Istilah ‘teologi inklusif’ sekarang diterjemahkan ke dalam bahasa Arab menjadi al-lahut al-munfatih. Istilah ‘teologi inklusif’ menjadi sangat popular setelah berakhirnya Konsili Vatikan II (1962-1965), dimana Katolik Roma melakukan perubahan konsep teologinya, dari eksklusif (dengan jargon terkenalnya ‘extra ecclesiam nulla salus’) menjadi ‘teologi inklusif’. Lalu, setelah itu, istilah ini menyebar, termasuk masuk ke dalam kamus studi agama Islam.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Kalangan akademisi IAIN dengan bangga menyebarkan istilah ini di kalangan Muslim Indonesia. Nurcholish Madjid, misalnya, menyebut teologinya sebagai “Teologi Inklusif”. (Lihat, Sukidi, Teologi Inklusif Cak Nur,  Jakarta: Kompas, 2001). Alwi Shihab juga menulis buku “Islam Inklusif: Menuju Sikap Terbuka dalam Beragama, (Bandung: Mizan, 1997). Lalu, yang pernah kita bahas juga dalam catatan ini, adalah Disertasi Dr. Fatimah Husein dari UIN Yogyakarta yang berjudul  “Muslim-Christian Relations in The New Order Indonesia:The Exclusivist and Inclusivist Muslims’ Perspectives”.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Dari ketiga buku yang terbit itu, pengertian istilah “Islam inklusif”  sangat rancu dengan “Islam-Pluralis”. Disertasi Fatimah Husein memasukkan sejumlah pemikir dan aktivis liberal-pluralis seperti Budhy Munawar Rahman dan Ulil Abshar Abdalla, sebagai kelompok Muslim Inklusif. Padahal, orang-orang ini jelas menyebarkan paham Pluralisme Agama.

Begitu juga, yang dikatakan dengan teologi inklusif  Cak Nur, tak lain adalah teologi pluralis. Tak beda dengan Islam Inklusif versi Alwi Shihab, dalam bukunya itu, juga bermakna paham Pluralisme Agama. Jika para akademisi yang dijadikan rujukan para mahasiswa saja sudah rancu dalam menggunakan istilah, maka bisa dipahami, jika kerancuan itu akan menular ke kalangan mahasiswa.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Belum lagi dari sisi penggunaan istilah itu, yang tidak tepat untuk Islam. Istilah “teologi inklusif” memang khas lahir dari perut peradaban Kristen-Barat yang mengalami proses perkembangan teologis. Akibat tekanan-tekanan psikologis atas beban sejarah – berupa kekejaman Gereja dan konflik-konflik agama – maka Gereja terpaksa merevisi konsep teologisnya, agar sesuai dengan tuntutan modernitas.

Bagi banyak ilmuwan Kristen, perubahan dari eksklusif menjadi inklusif masih dianggap belum cukup. Setelah Konsili Vatikan II, gelombang perkembangan ‘teologi pluralis’ semakin kencang dalam tubuh Gereja, sehingga akhirnya Paus Yohanes Paulus II mengeluarkan dekrit ‘Dominus Jesus’ (2001) yang menegaskan penolakan Gereja terhadap Pluralisme Agama (Religious Pluralism).

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Perubahan atau evolusi teologis dalam Kristen semacam ini sangat memungkinkan, sebab, Kristen memang satu agama sejarah (historical religion) yang konsep-konsep teologis dan ritualnya dibentuk melalui proses sejarah. (Menurut Huston Smith, “Christianity is basically a historical religion… it is founded not in abstract principles, but in concrete events, actual historical happenings. (Huston Smith, The World’s Religions, (New York: Harper CollinsPubliser, 1991). Beban sejarah dan problem teologis Kristen telah melahirkan ‘Kristen-kristen’ (Kristen yang banyak), sehingga satu sama lain, saat ini tidak dapat melakukan ‘truth claim’. Tidak ada satu Kristen yang punya otoritas untuk menyatakan benar sendiri. Kebenaran menjadi relatif, menurut masing-masing orang. Kondisi serupa terjadi pada Budha, Hindu, dan ‘cultural and historical religion’ lainnya.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Secara terbuka, saya menyampaikan keprihatinan, kepada bapak-bapak dan Ibu-ibu dosen yang datang dari berbagai propinsi itu, bahwa saat ini juga begitu banyak ilmuwan dari kalangan Muslim sendiri, yang kemudian ikut-ikutan mengembangkan konsep ‘Islams’ (Islam-islam), atau Islam yang banyak. Bahwa, menurut mereka, Islam itu tidak satu. Islam itu banyak, sebagaimana Kristen, Yahudi, Hindu, Budha, yang juga sudah menjadi banyak.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Azyumardi Azra, misalnya, menyatakan: “Memang secara teks Islam adalah satu tetapi ketika akal sudah mulai mencoba memahami itu, belum lagi mengaktualisasikan, maka kemudian pluralitas itu adalah suatu kenyataan dan tidak bisa dielakkan…ketika kita mencoba memahami Islam, maka memahami al-Quran akan ada perbedaan pemahaman yang tidak bisa dielakkan. (Lihat buku “Nilai-nilai Pluralisme dalam Islam”, (Jakarta: Fatayat NU&Ford Foundation, 2005), hal. 150-151). Adeng Muchtar Ghazali, dosen IAIN Bandung, juga menulis: “Agama adalah seperangkat doktrin, kepercayaan, atau sekumpulan norma dan ajaran Tuhan yang bersifat universal dan mutlak kebenarannya. Adapun keberagamaan, adalah penyikapan atau pemahaman para penganut agama terhadap doktrin, kepercayaan, atau ajaran-ajaran Tuhan itu, yang tentu saja menjadi bersifat relatif, dan sudah pasti kebenarannya menjadi bernilai relatif. (Adeng M. Ghazali, Ilmu Studi Agama, (Bandung: Pustaka Setia, 2005), hal. 20).

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Paham semacam itu berawal dari paham relativisme akal, bahwa akal manusia adalah relatif, sehingga semua produknya juga relatif. Jika konsep ini dikembangkan, maka akan memunculkan Islam yang relatif, ragu-ragu, dan hilang keyakinan akan kebenaran agama sendiri. Tentu saja, pemahaman ini tidak benar, sebab ada pemahaman manusia yang pasti, dan tidak menimbulkan keraguan. Dalam epistemologi Islam, itu dikenal sebagai konsep mutawatir. Keyakinan tanpa keraguan itulah yang dituntut dalam konsep iman. Sebagai agama wahyu, Islam telah sempurna konsep-konsep dasar teologis dan ibadahnya sejak awal. Islam tidak mengalami evolusi.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Umat Islam sepanjang sejarah tidak pernah berbeda pendapat tentang hal-hal pokok dalam Islam, seperti konsep bahwa Allah itu satu, Muhammad adalah utusan Allah dan manusia biasa, bahwa Nabi Isa adalah manusia dan utusan Allah, Shalat lima waktu itu wajib – bukan haram –, babi dan khamr adalah haram, ibadah haji dilakukan di Tanah Suci dan bukan di Ancol, dan sebagainya. Semua itu menunjukkan, ada Islam yang satu. Ada yang qath’iy, dan tidak semuanya relatif, atau zhanniy.  Kritik yang komprehensif terhadap konsep relativisme akal dan kebenaran bisa disimak dalam Majalah ISLAMIA edisi 5/2005.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Kritik-kritik itu saya sampaikan kepada para dosen IAIN, dengan harapan mereka memahami masalah yang sebenarnya. Kajian kritis dan mendalam tentang sejarah, konsep, dan fenomena kontemporer terhadap Kekristenan dan agama-agama lain, sangat diperlukan, agar tidak mudah melakukan generalisasi dalam memandang agama. Banyak ilmuwan agama di Barat yang kemudian mengembangkan metodologi studi agama, dengan menyamaratakan semua agama, dan menempatkan Islam sebagai objek kajian yang posisi dan kondisinya seolah-olah sama dengan agama-agama lain. Buku-buku metodologi studi agama semacam ini sekarang menjamur dan berjubel di lingkungan perguruan tinggi Islam di Indonesia.  Padahal, banyak teori-teori dan metodologi studi agama itu lahir dari latar belakang yang khas sejarah Kristen dan peradaban Barat, yang tidak begitu saja diaplikasikan untuk studi terhadap Islam, yang merupakan agama wahyu.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Jika ditelaah secara serius perbedaan konsep teologi, sejarah peradaban antara Islam dan Kristen, serta perbedaan antara Al-Quran dan Bible, maka sebenarnya, adopsi istilah “inclusive understanding of Islam”  tidaklah tepat, bahkan bisa misleading. Istilah yang mengacu pada tradisi Kristen ini tidak tepat jika diterapkan untuk Islam. Istilah itu – yang kemudian dikembangkan oleh beberapa sarjana di Indonesia menjadi ‘Islam Inklusif’ atau ‘Teologi Inklusif’ – sebenarnya sangat khas Kristen dan sesuai tradisi Barat yang berpikir traumatik terhadap agama, dan tidak tepat diterapkan untuk Islam.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Sebab, Islam tidak mengalami problem teologis, historis, atau problem otentisitas teks wahyu, sebagaimana dalam Kristen.

Jadi, seyogyanya, para sarjana Muslim tidak latah untuk mengadopsi satu ‘istilah asing’, tanpa melakukan kajian mendalam terhadap latar belakang historis, dan kemudian diterapkan begitu saja untuk Islam. Dengan mengadopsi istilah ‘Islam Inklusif’ dan sejenisnya, maka secara tidak langsung sudah membuat stigmatisasi dan kategorisasi bahwa di sana ada Islam yang tidak inklusif (yaitu Islam eksklusif) yang seolah-olah harus dimusnahkan dari muka bumi. Kerancuan terminologis inilah awal dari kerancuan dalam pengembangan konsep-konsep Islam pada semua aspek kehidupan.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Keterbukaan pihak Pasca Sarjana UIN Jakarta untuk membuka diri terhadap kritik-kritik yang datang dari luar, patut kita hargai. Tidak sepatutnya, kritik-kritik ilmiah yang baik, seperti yang dilakukan oleh Prof. Rasjidi diabaikan begitu saja. Semoga ke depan senantiasa ada dialog ilmiah yang lebih serius untuk menggali konsepsi-konsepsi Islam yang bersumber pada khazanah keilmuan Islam sendiri. Wallahu a’lam. (Jakarta, 23 Desember 2005/hidayatullah.com).

Catatan Akhir Pekan  (CAP), Adian Husaini hasil kerjasama Radio Dakta 107 FM dan http://www.hidayatullah.com

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Mengenang 90 Tahun Prof. HM Rasjidi” (1)

Sabtu, 10 Desember 2005
Tak banyak ilmuwan Muslim seperti HM. Rasjidi. Meski mengenyam pendidikan di Barat, ia tak silau dibuatnya. Berbeda  dengan cendekiwan kita akhir-akhir ini. baca Catatan Akhir Pekan Adian Husaini ke-124

Oleh: Adian Husaini

Majalah MEDIA DAKWAH, terbitan Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII), edisi Desember 2005, menurunkan laporan utama berjudul “30 Tahun Orientalisme di IAIN”. Laporan ini  membahas tentang potret dan dampak pembaruan studi agama yang dilakukan oleh Prof. Dr. Harun Nasution, 30 tahun lalu, terhadap pemikiran keagamaan yang berkembang di lingkungan perguruan tinggi Islam, khususnya IAIN/UIN saat ini.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Sosok dan pemikiran Harun Nasution jarang dibahas dalam forum-forum publik. Padahal, dia punya andil besar dalam melakukan perombakan dan pembaruan studi agama, terutama melalui bukunya, “Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya”, yang digunakan sebagai salah satu referensi penting dalam mata kuliah studi Islam di berbagai IAIN. Disamping itu, laporan ini juga membahas tentang sosok cendekiawan Muslim yang gigih dalam mengkritik orientalisme, yaitu Prof. HM Rasjidi.

Sudah 30 tahun lalu, Rasjidi menulis tentang bahaya penggunaan buku Harun Nasution sebagai rujukan mata kuliah studi Islam. Tapi, tidak digubris.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Alkisah, berdasarkan hasil rapat rektor IAIN se-Indonesia pada Agustus 1973 di Ciumbuluit Bandung, Departemen Agama RI memutuskan: buku “Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya” karya Prof. Dr. Harun Nasution direkomendasikan sebagai “buku yang akan bermanfaat terutama untuk mata kuliah Pengantar Agama Islam – mata kuliah komponen Institut yang wajib diambil oleh
setiap mahasiswa IAIN, apa pun fakultas dan jurusannya”.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Pada tanggal 3 Desember 1975, Prof. HM Rasjidi menulis laporan rahasia kepada Menteri Agama dan beberapa eselon tertinggi di Depag. Rasjidi menulis: “Laporan Rahasia tersebut berisi kritik terhadap buku Sdr. Harun Nasution yang berjudul Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya. Saya menjelaskan kritik saya fasal demi fasal dan menunjukkan bahwa gambaran Dr. Harun tentang Islam itu sangat berbahaya, dan saya mengharapkan agar Kementerian Agama mengambil tindakan
terhadap buku tersebut, yang oleh Kementerian Agama dan Direktorat Perguruan Tinggi dijadikan sebagai buku wajib di seluruh IAIN di Indonesia.”

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Pernyataan Prof. Rasjidi, bahwa buku Harun Nasution SANGAT BERBAHAYA perlu kita garisbawahi. Dalam bukunya, Koreksi terhadap Dr. Harun Nasution tentang ‘Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya’,  (Jakarta: Bulan Bintang, 1977), Rasjidi memberikan kritik-kritik
yang cukup tajam terhadap buku Harun tersebut.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Harapan Rasjidi agar Depag mengambil tindakan terhadap buku Harun tidak digubris. Menurut Rasjidi, ada dua kemungkinan sikap Depag tersebut: (a) Depag, khususnya Diperta,  setuju dengan isi buku tersebut dan ingin mencetak sarjana IAIN menurut konsepsi Dr. Harun Nasution tentang Islam. (2) Pihak-pihak tersebut tidak mampu menilai buku tersebut dan bahayanya bagi eksistensi Islam di Indonesia serta umatnya.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Selama satu tahun lebih surat Prof. Rasjidi tidak digubris. Rasjidi, yang juga mantan Menteri Agama RI pertama, akhirnya mengambil jalan lain untuk mengingatkan Depag, IAIN, dan umat Islam Indonesia pada umumnya. Setelah nasehatnya tidak digubris, ia menerbitkan kritiknya terhadap buku Harun tersebut. Maka, tahun 1977, lahirlah buku ‘Koreksi terhadap Harun Nasution’ tersebut.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Kini, setelah 30 tahun berlalu, peringatan dan nasehat Prof. Rasjidi menjadi kenyataan. Ibarat sebagai pembuka pintu, Harun memberi jalan sekularisasi dan liberalisasi yang saat ini datang bagai air bah, menerobos masuk ke dalam arena studi Islam, tanpa bisa dikendalikan lagi. Kerangka pikir dan metode belajar Islam ala orientalis menjalar ke mana-mana, tanpa diikuti persiapan yang matang untuk menangkalnya.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Isi Buku Harun

Cara pandang dan cara penyajian Harun terhadap agama Islam, memang gaya khas orientalis Barat, yang menempatkan semua agama pada posisi dan fenomena yang sama. Dia, misalnya, menggambarkan proses perkembangan teologi sebagai hasil evolusi, dari dinamisme, animisme, politeisme atau henoteisme, lalu monoteisme, yang dia katakan  juga sebagai agama tauhid.

Dalam perspektif evolutif seperti ini, monoteisme dipandang bukan sebagai kebenaran final, karena bisa berkembang, dan menuju pada jenis paham keagamaan lainnya, semisal ateisme. Harun tidak menyebutkan hal ini dalam bukunya.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Tapi, ini adalah konsekuensi logis dari cara berpikir evolutif dalam keagamaan. Padahal, Islam sebagai agama Tauhid bukanlah hasil evolusi pemikiran manusia. Sebab, agama Tauhid berasal dari
wahyu Allah, sehingga sejak Nabi Adam sampai Nabi Muhammad, konsep agama Tauhid adalah tetap, dan tidak mengalami evolusi. Barat tentu saja tidak mengenal konsep wahyu dalam tradisi pemikirannya, sehingga mereka menempatkan agama sebagai bagian dari gejala budaya yang tumbuh di tengah masyarakat.

Harun juga sangat keliru ketika menyebutkan jenis agama monoteisme – yang dia istilahkan juga dengan agama Tauhid – yaitu Islam, Yahudi, Kristen, dan Hindu. Agama Islam, Yahudi, dan Kristen, menurutnya, adalah satu rumpun. Sedangkan agama Hindu bukan satu rumpun. Namun, Harun akhirnya mencatat, bahwa Islam dan Yahudi adalah agama monoteis yang murni, sedangkan
Kristen tidak murni monoteis lagi. Benarkah demikian?

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Harun sangat menyederhanakan masalah dan mengabaikan masalah yang mendasar tentang perbedaan antara konsep Tuhan dalam Islam dan Yahudi. Konsepsi Tuhan versi Yahudi jelas tidak sama dengan Islam. Konsep Yahudi tentang Tuhan yang satu – beberapa menyebutnya dengan
nama Yahweh – jelas sangat berbeda dengan Islam.

Yahudi memonopoli Tuhan hanya untuk bangsanya sendiri. Bangsa lain tidak boleh menyembahnya.Ini yang dikatakan Harun sebagai jenis henoteisme. Tapi, anehnya, Harun masih tetap memasukkan Yahudi dalam jenis agama monoteisme/tauhid murni.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Juga, gambaran Yahudi tentang Yahweh sangat anthoposentris, dan jauh berbeda dengan gambaran Islam tentang Allah SWT.

Misalnya, dalam 1 Samuel, 15:10, dinyatakan: “Aku menyesal karena Aku telah menjadikan Saul raja, sebab ia telah berbalik daripada Aku dan tidak melaksanakan firman-Ku.” Juga, dalam Kitab Keluaran 32:14 dikatakan: “Dan menyesallah TUHAN karena malapetaka yang dirancang-Nya atas umat-Nya.”

Dalam Keluaran 12:12 pun digambarkan Tuhan yang bercorak manusia itu: “Sebab pada malam ini Aku akan menjalani tanah Mesir, dan semua anak sulung, dari anak manusia sampai anak binatang, akan Kubunuh, dan kepada semua allah di Mesir akan Kujatuhkan hukuman, Akulah, Tuhan.” (teks Alkitab versi LAI, 2004).

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Prof. Rasjidi menulis kritiknya terhadap cara Harun dalam menyajikan gambaran tentang agama-agama: “Cara penyajian dalam buku ini adalah cara pengarang Barat yang dalam fikiran mereka menyimpan suatu perasaan bahwa semua agama itu pada dasarnya sama dan merupakan gejala sosial yang dapat ditemukan pada tiap-tiap kelompok manusia. Penganjur kelompok ini adalah
sarjana Perancis yang bernama Emile Durkheim (1858-1917).”

Rasjidi juga mengajukan usulan, agar bagi kaum Muslim, maka ajaran agama harusnya menjelaskan, bahwa agama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw adalah agama yang terakhir yang mengoreksi agama-agama sebelumnya.”

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Jika dicermati, cara yang ditempuh Harun memang tidak menanamkan keyakinan akan kebenaran Islam, sebagai agama yang terakhir. Cara-cara orientalis Barat dalam studi agama tersebar pada berbagai bagian dari buku Harun Nasution tersebut. Masalahnya, Rasjidi memang membentur tembok.

Ketika itu, yang menjadi Menteri Agama adalah Mukti Ali, yang diakui oleh Harun dalam biografinya, sejalan dengan pikiran-pikirannya. Namun, Rasjidi telah sempat mengingatkan: “Uraian Dr. Harun Nasution yang terselubung uraian ilmiyah sesungguhnya mengandung bahaya bagi generasi muda Islam yang ingin dipudarkan keimanannya.”

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Adalah menarik melihat sejarah hubungan antara Harun Nasution dengan HM Rasjidi. Keduanya adalah sahabat lama. Dalam biografi kedua tokoh ini, kisah persahabatan mereka juga digambarkan.

Pada Rabu (7/12/2005) lalu, saya untuk pertama kalinya, bersilaturrahmi ke rumah HM Rasjidi. Jika beliau masih hidup, usianya tahun ini mencapai 90 tahun. Rumahnya yang asri di Jalan Bojonegoro, Jakarta Pusat, ditinggali oleh Ibu HM Rasjidi, yang tahun ini berusia 85 tahun.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Di usianya yang senja, Ibu Rasjidi masih sanggup mengingat dan menceritakan beberapa penggal
kisah hubungan pribadi dan kekeluargaan antara Harun dengan Rasjidi. Tapi, karena melihat ada penyimpangan prinsip dalam masalah agama, Rasjidi memberikan kritiknya yang keras.

Tidak banyak ilmuwan Muslim seperti Prof. HM Rasjidi. Setelah mengenyam berbagai pendidikan tinggi di Barat, akhirnya justru bersikap sangat kritis terhadap Barat dan orientalis. Ia sempat belajar dan mengajar di sarang orientalis di Barat.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Bahkan, ia sempat berdebat dengan seorang dedengkot orientalis di McGill, yaitu Joseph Schacht. Gara-gara mendebat Schacht, Rasjidi sempat ‘diadili’ oleh para orientalis. Tapi, ia dibela oleh orientalis terkenal dari Jepang, yaitu Prof. Isutzu.

Wartawan kawakan Rosihan Anwar melukiskan sosok Rasjidi sebagai “lembut, kalem, dengan suara tenang, soan.” Tapi, tulis Rosihan, “Dibalik wajah dan penampilan demikian terdapat semangat kerja keras bagaikan baja, apalagi persoalan prinsip dan keyakinan yang menjadi urusan.”

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Munawir Sjadzali juga mengakui sikap gigih Rasjidi dalam soal-soal prinsip. Ia menulis poengantar untuk buku 70 Tahun Prof. Dr. HM Rasjidi, “Banyak hal yang kita, khususnya para ilmuwan Islam dan cendekiawan muslim seangkatan saya dan angkatan-angkatan sesudahnya, perlu belajar dari Bapak Rasjidi, antara lain keyakinan beliau yang mutlak akan kebenaran Islam, disertai disiplin ilmiah yang tinggi.

Keyakinan beliau yang mutlak akan kebenaran Millah Muhammad dan integritas ilmiah beliau, sering menimbulkan kesan bahwa beliau seorang yang keras dan kaku. Demi ilmu, beliau tidak segan untuk “bertengkar” ilmiah dengan sahabat-sahabat dekatnya.”

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Prof. Rasjidi pernah belajar di Darul Ulum dan Universitas Kairo pada awal 1930-an. Tahun 1946, ia diangkat menjadi Menteri Agama RI pertama di bawah Kabinet Sutan Syahrir. Jabatan Duta Besar di beberapa negara juga sempat dienyamnya. Gelar doktor diperolehnya dengan predikat ‘cum laude’ di Universitas Sorbone, Paris. Hebatnya, Rasjidi menyelesaikan doktornya, saat ia menjabat sebagai anggota perwakilan Indonesia di PBB tahun 1950-an, yang ketika itu bermarkas di Paris. Tahun 1956, ia sempat menyelesaikan disertasinya di Sorbonne di bawah supervisi Prof. Louis Massignon, seorang orientalis terkenal.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Dua tahun kemudian, Rasjidi diangkat sebagai Dubes RI untuk Pakistan. Ketika situasi negara sedang dilanda kemelut, Rasjidi memutuskan menerima tawaran untuk menjadi guru besar
(Assiciate Professor) di McGill University. Ia mengajar mata kuliah hukum Islam dan sejarah.

Ketika itulah dia membantu Harun Nasution untuk melanjutkan kuliahnya di Mc Gill. Rasjidi menuturkan, bahwa ia membutuhkan teman di Kanada, karena dia seorang diri.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Saat itu, Harun sedang kesulitan ekonomi. Rasjidi mengatakan padanya, “Datang sajalah ke Kanada, nanti saya carikan jalan.” Di Montreal, Kanada, Harun diajak tinggal di rumahnya. Baru setelah istri Harun menyusul, mereka berpisah.

Rasjidi mengaku tidak terlalu mencermati pemikiran Harun. Ia baru mengetahui corak pemikiran Harun setelah pulang dari McGill. Menurut Rasjidi, Harun –bukan hanya kurang kritis terhadap pemikiran orientalis– tetapi malah mengikuti dan mengembangkannya di Indonesia.

Kata Rasjidi: ‘’Menurut penilaian saya, Harun Nasution kurang kritis dalam menerima kuliah di universitas itu. Di Islamic studies, di negara-negara Barat, pengaruh orientalisme pada umumnya besar.’’

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Sederet aktivitasnya di dunia Barat tidak mambuat Rasjidi silau dan terpukau dengan peradaban Barat. Sekembalinya ke Indonesia, ia aktif mengajar, menulis, dan mengkritisi pemikiran-pemikiran dan metodologi studi Islam gaya orientalis yang sering dihadapinya di Barat.

Rasjidi memang memilih jalan pikiran dan hidupnya dalam keyakinan Islamnya. Ia rela berhadapan dengan arus global sekularisme-liberalisme yang mencengkeram begitu banyak cendekiawan kalangan Muslim.

Karena itu, bisa dimengerti jika sosok dan pemikirannya tidak diekspose besar-besaran oleh media massa sebagaimana sosok dan pemikiran Nurcholish Madjid. Dan ketika ia wafat, 30 Januari 2001, media massa pun tidak terlalu gegap gempita memberitakannya.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Namun, emas tetap emas; mutiara tetaplah mutiara; dan loyang tetaplah loyang. Yang asli dan tiruan lama-lama akan ketahuan juga. Rasjidi adalah teladan dan mutiara cendekiawan Muslim yang gigih dan kokoh dalam pendiriannya dalam mempertahankan kebenaran. Ia tidak silau dengan gebyar dan gemerlapnya pemikiran kaum orientalis.

Ia tidak terpukau dengan kulit luar. Ia berani berbeda dan melawan arus pemikiran, dengan resiko disudutkan dan tidak populer. Itulah sosok dan pendirian Prof. HM Rasjidi, putra Yogya kelahiran
Kotagede, 20 Mei 1915.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Andai masih hidup, tahun ini, 2005, adalah tahun yang ke-90, bagi usia Rasjidi. Tapi, Allah mempunyai kebijakan sendiri untuk memanggil salah seorang hamba-Nya. Semoga Allah SWT
menerima amal ibadahnya. Amin. (Jakarta, 9 Desember 2005/hidayatullah.com).

Catatan Akhir Pekan (CAP) Adian Husaini adalah kerjasama ke-124 Radio Dakta 107 FM dan http://www.hidayatullah.com

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

‘Radikalisme’ dan ‘Terorisme’

Senin, 28 November 2005
Depag berencana mengkaji dan melarang buku tentang jihad. Di masa Belanda, istilah ‘radikal’ bermakna positif. Sekarang dinisbatkan pada yang anti-AS. Baca Catatan Akhir Pekan Adian Husaini  ke-124

Oleh: Adian Husaini

Harian Republika, Jumat (27/11/2005), hal. 20,  memuat berita berjudul: “Depag Kaji Buku Jihad Radikal”. Dalam berita ini tertulis: “Terkait dengan rencana pelarangan buku-buku tentang jihad, menyusul munculnya aksi terorisme berkedok perjuangan suci Islam, Departemen Agama (Depag) RI, saat ini terus melakukan kajian mendalam terhadap buku-buku yang telah beredar.”

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Sekjen Depag, Faisal Ismail,  seperti dikutip dalam berita itu, menjelaskan, ayat-ayat yang dipakai dalam buku-buku jihad yang cenderung radikal ini, biasanya yang melegitimasi tindak kekerasan. Kata Faisal: “Inilah yang harus diberikan pencerahan kepada generasi muda sehingga mereka tidak gampang terjebak dalam radikalisme yang menyesatkan.”

Selanjutnya, Republika juga menulis: “Menyinggung pembentukan tim penanggulangan ajaran radikalisme Islam yang dibentuk Depag dan Mejelis Ulama Indonesia (MUI), Faisal mengakui jika tim yang digagas dalam pertemuan antara ulama, MUI, dan Wakil Presiden Jusuf Kalla ini tidak akan bersifat operasional lapangan seperti halnya tim penanggulangan lainnya.”

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Dari pernyataan Sekjen Depag itu, bisa diambil kesimpulan, bahwa radikalisme Islam adalah ajaran terlarang, sehingga buku-buku yang mengandung ajaran radikal Islam, akan dilarang beredar di pasaran, dan ditarik dari peredaran.

Pernyataan Sekjen Depag itu hanyalah sebagian dari rangkaian besar gelombang penyebaran opini melalui media massa yang mengkaitkan masalah terorisme dengan radikalisme. Bahwa, terorisme yang dilakukan oleh kelompok Azahari dan kawan-kawan adalah buah dari pemahaman radikalisme Islam. Karena itu, untuk mencegah terorisme, ajaran radikalisme harus dilarang. Itulah logika yang selama ini mencoba hendak dibangun.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Masalahnya, sebagaimana dalam wacana ‘terorisme’, ‘fundamentalisme’, ‘militan’, para peneliti masalah sosial keagamaan, akan selalu terbentur pada soal ‘definisi’. Apa dan siapa yang disebut ‘radikalisme’?

Definisi ini sangat penting, agar jangan salah dalam memberikan cap, sehingga menimpakan kezaliman. Orang yang dizalimi doanya maqbul. Tidak ada hijab lagi antara dirinya dengan Allah. Jangan sampai para ulama itu salah membuat definisi dan membuat cap teroris atau radikal.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Karena itu, para ulama dan pejabat yang tergabung dalam Tim Penanggulangan Terorisme Depag saat ini memikul amanah yang sangat berat – yang nyaris impossible –  untuk membuat definisi tentang  “terorisme” dan “radikalisme”.

Dalam soal terorisme, misalnya, dunia Islam masih belum sepakat dengan dunia Barat dalam merumuskan, siapa yang sebenarnya teroris: Hamas atau Israel?

Pada 11 September 2003, Harian terkemuka di Timur Tengah, Al–Syarqul Ausat, menulis, bahwa setelah dua tahun peristiwa 11 September 2001 berlalu, AS masih belum mampu mengatasi aksi terorisme.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Bahkan perluasan konsep terorisme yang dipegangnya menciptakan banyak masalah baru. “Dua tahun setelah peristiwa 11 September seharusnya AS sadar bahwa konsep terorisme yang dipegangnya tidak relevan dan harus mendengar usul dunia Arab sebab terbukti AS makin kepayahan menghadapi aksi tersebut,” demikian Al-Sharqul Awsat.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Diingatkan, agar AS mendengar usul dunia Arab untuk menyepakati terlebih dahulu definisi dan maksud dari terorisme. “Usul Arab agar terlebih dahulu menentukan definisi terorisme yang disetujui dunia adalah salah satu cara untuk keluar dari perang jangka panjang dan melelahkan. Kita berharap agar kejadian di Iraq menyadarakan kelompok konservatif di Washington,” demikian laporan harian terbesar Arab itu.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Yang sering terjadi, seperti disindir oleh Prof. Edward S. Herman, guru besar di Universitas Pennslyvania, dalam bukunya The Real Terror Network (1982), dunia mengutuk ‘retail violance’ (kekerasan eceran) tetapi mendiamkan ‘wholesale violance’ (kekerasan borongan) yang diusung oleh kekuatan negara, semata-mata hanya karena faktor ketidakberdayaan. Ahmad Yassin dicap sebagai teroris dan militan oleh Israel. Karena itu, ia boleh dibunuh kapan saja. Tanpa pertanggungjawaban apa-apa.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Radikalisme

Sama halnya dengan wacana ‘terorisme’, wacana ‘radikalisme’, ‘fundamentalisme’, dan ‘militan’, juga sangat rumit dalam lapangan akademis. Apalagi, makna suatu istilah juga bisa mengalami perkembangan.

Di masa penjajahan Belanda, istilah ‘radikal’ bermakna positif. Dalam disertasinya di Utrecht, Belanda, Adnan Buyung Nasution mencatat, pada tahun 1918, di Indonesia dibentuk apa yang disebut sebagai “Radicale Concentratie”, yang terdiri atas Budi Utomo, Sarekat Islam, Insulinde, dan Indische Sociaal Democratische Vereniging. Tujuannya untuk membentuk parlemen yang terdiri atas wakil-wakil yang dipilih dari kalangan rakyat.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Saat ini, tentu saja, wacana radikalisme sudah sangat berbeda dengan dulu. Apalagi jika ditambahi dengan kata ‘Islam’, menjadi ‘radikal Islam’ atau ‘Islam radikal’. Siapa yang mendapat cap itu, ,maka sudah mendapatkan stigma kejahatan. Tahun 2004, Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta  sudah menerbitkan hasil penelitiannya dalam bentuk sebuah buku berjudul “Gerakan Salafi Radikal di Indonesia” (Penyunting: Jamhari dan Jajang Jahroni).

Ada empat kelompok yang mendapat cap “salafi radikal” dalam buku ini, yaitu Front Pembela Islam (FPI), Laskar Jihad, Majelis Mujahidin Indonesia (MMI), dan Hizbuttahrir.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Dalam pengantar buku ini ditulis: “Meskipun dalam beberapa tahun terakhir Indonesia dilanda fenomena gerakan salafi radikal, tetapi ternyata, survei membuktikan, bahwa mayoritas Muslim masih setia dengan ideologi Islam yang moderat dan toleran.”

Dari kalimat tersebut bisa diambil mafhum mukhalafah, bahwa FPI, Laskar Jihad, MMI, dan Hizbuttahrir tidak moderat dan tidak toleran. Jadi, sesuai hasil penelitian UIN Jakarta itu, FPI, Laskar Jihad (sudah membubarkan diri), MMI, Hizbuttahrir,bisa jadi tinggal tunggu waktu untuk diberangus.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Yang menarik adalah kriteria ‘Islam radikal’ yang disebutkan dalam buku ini: (1) kelompok yang mempunyai keyakinan ideologis tinggi dan fanatik yang mereka perjuangkan untuk menggantikan tatanan nilai dan sistem yang sedang berlangsung; (2) dalam kegiatannya mereka seringkali menggunakan aksi-aksi yang keras, bahkan tidak menutup kemungkinan kasar terhadap kegiatan kelompok lain yang dinilai bertentangan dengan keyakinan mereka, (3) secara sosio-kultural dan sosio-religius, kelompok radikal mempunyai ikatan kelompok yang kuat dan menampilkan ciri-ciri penampilan diri dan ritual yang khas. (4) Kelompok ‘Islam radikal’ seringkali bergerak  secara bergerilya, walaupun banyak juga yang bergerak secara terang-terangan.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Tentang ideologi ‘Islam radikal’, buku ini mengutip pendapat John L. Esposito (dari bukunya, Islam: The Straight Path). Pertama, mereka berpendapat bahwa Islam adalah sebuah pandangan hidup yang komprehensif dan bersifat total, sehingga Islam tidak dipisahkan dari politik, hukum, dan masyarakat.

Kedua, mereka seringkali menganggap bahwa ideologi  masyarakat Barat yang sekular dan cenderung materislistis harus ditolak. Ketiga, mereka cenderung mengajak pengikutnya untuk ‘kembali kepada Islam’ sebagai sebuah usaha untuk perubahan sosial.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Keempat, karena idelogi masyarakat Barat harus ditolak, maka secara otomatis peraturan-peraturan sosial yang lahir dari tradisi Barat, juga harus ditolak. Kelima, mereka tidak
menolak modernisasi sejauh tidak bertentangan dengan standar ortodoksi keagamaan yang telah mereka anggap mapan, dan tidak merusak sesuatu yang mereka anggap sebagai kebenaran yang sudah final.

Keenam, mereka berkeyakinan, bahwa upaya-upaya Islamisasi pada masyarakat Muslim tidak akan berhasil  tanpa menekankan aspek pengorganisasian ataupun pembentukan sebuah kelompok yang kuat.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Jadi, anda, organisasi anda, atau siapa pun juga, yang merasa punya kriteria idelogi semacam itu, siap-siaplah dicap sebagai  ‘Islam radikal’, ‘Islam fundamentalis’, ‘Islam militan’, ‘Islam revivalis’, ‘Islam literalis’, dan sebagainya. Dengan kriteria semacam itu, PKS, MUI, DDII, PBB, Hidayatullah dan sederet organisasi Islam lainnya dengan mudah bisa dimasukkan kategori ‘Islam radikal’, karena bersikap kritis terhadap pandangan hidup Barat dan meyakini pandangan hidup dan sistem Islam sebagai solusi kehidupan umat manusia.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Dengan rumitnya perumusan definisi ‘terorisme’ dan ‘radikalisme’, sebaiknya ulama, cendekiawan, pejabat lebih berhati-hati dalam menggunakan istilah tertentu.

Jika belum paham, sebaiknya ngaji lagi dan memikirkan masalahnya dengan tenang. Soal pelarangan buku misalnya. Di Indonesia, paham komunisme sudah resmi dilarang melalui Tap MPR. MUI sudah resmi mengharamkan sekularisme. Toh, buku-buku yang mempromosikan komunisme dan sekularisme beredar bebas.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Kita sangat menyesalkan pemahaman dan aplikasi jihad yang keliru oleh sejumlah pelaku Bom Bali. Tapi, masalahnya kemudian jangan ditarik kemana-mana, tanpa batasan ilmiah yang jelas. Jika mau berburu teroris, baiknya bicara masalah terorisme saja.

Jika berburu Jamaah Islamiyah, baiknya bicara tentang Jamaah Islamiyah saja. Karena itu, mungkin ada baiknya, Tim Penanggulangan Terorisme Depag, diganti namanya menjadi ‘Tim Penanggulangan Jamaah-Islamiyah” atau ‘Tim penanggulangan Kelompok Dr. Azahari .’’

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Jangan sampai para ulama yang ada di Tim itu masuk perangkap strategi global ‘perang melawan Islam’, sebagaimana dirumuskan ilmuwan ‘neo-orientalis’ Samuel P. Huntington, dalam bukunya, Who Are We? (2004).

Dalam buku ini, Huntington menempatkan satu sub-bab berjudul “Militant Islam vs. America”, yang menekankan, bahwa saat ini, Islam militan telah menggantikan posisi Uni Soviet sebagai musuh utama AS.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

(This new war between militant Islam and America has many similarities to the Cold War. Muslim hostility encourages Americans to define their identity in religious and cultural terms, just as the Cold War promoted political and creedal definitions of that identity).

Upaya pemerintah melibatkan ulama dalam penanggulangan masalah terorisme merupakan hal yang baik, agar jangan sampai perang melawan terorisme diseret menjadi perang melawan Islam, yang ingin mengadu domba antar umat Islam, sehingga akan
berdampak pada pelemahan bangsa.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Para ulama dan pemerintah juga perlu menyadari, jangan sampai isu terorisme ini melenakan bangsa ini dari masalah dan akar masalah yang sebenarnya, mengapa bangsa ini terpuruk. Jangan sampai ada kesimpulan, bahwa BBM mahal, pendidikan melangit, harga-harga kian mencekik, lapangan pekerjaan kian menyempit, korupsi sulit diberantas, pemborosan harta negara terus berkelanjutan, pornografi dan narkoba masih merajalela, semua itu terjadi gara-gara ulah Dr. Azahari.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Karena itu, kita berharap dan mengimbau, sebaiknya Nordin M. Top segera menyerahkan diri kepada polisi, mempertanggungjawabkan perbuatannya, memberikan penjelasan secara terbuka, dan membuka semua cerita misteri dibalik tragedi dan drama tentang aksi-aksi bom yang terjadi. Apa motif dan tujuan sebenarnya.

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

Itu perlu dilakukan oleh Nurdin M. Top, agar masalah ini cepat tuntas. Daripada bunuh diri, lebih baik menyerahkan diri dan beragumentasi di depan televisi. Juga, agar umat Islam Indonesia tidak menjadi korban stigmatisasi dan kambing hitam dari persoalan bangsa. Wallahu a’lam. (Jakarta, 27 November 2005/hidayatullah.com).

Catatan Akhir Pekan (CAP) Adian Husaini adalah kerjasama Radio Dakta 107 FM dan http://www.hidayatullah.com

=========================================
PUISI AGAMA KRISTEN PROTESTAN – KUMPULAN PUISI-PUISI RELIGI KRISTEN PROTESTAN – KOLEKSI PUISI ROHANI KRISTEN PROTESTAN – ANTOLOGI PUISI KHUSUS KRISTEN PROTESTAN (not here)
=========================================

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 51 other followers

%d bloggers like this: